Wamentan Sebut Puskagro Milik Kabupaten Tangerang Bisa Jadi Pilot Project Program Ketahanan Nasional

Date:

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi bersama Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menunjukkan produk pertanian yang dihasilkan di Pusat Kawasan Agropolitan atau Puskagro Kabupaten Tangerang yang berada di Kecamatan Sepatan, Kamis, 8 Juni 2023. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Pusat Kawasan Agropolitan atau Puskagro Kabupaten Tangerang yang berada di Kecamatan Sepatan, membuat kagum Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi. Terobosan ini disebut Harvick telah mendukung program ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Hal tersebut disampaikan Harvick saat berkunjung ke Kabupaten Tangerang, Kamis, 8 Juni 2023. Selain mengunjungi Puskagro, dalam kesempatan itu, Harvick yang ditemani Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar juga mengunjungi peternakan milik PT Tanjung Unggul Mandiri di Kecamatan Teluk Naga.

Menurut Harvick, inovasi Puskagro Kabupaten Tangerang tersebut tidak mudah karena menghadapi tantangan dan hambatan. Dia berharap Kabupaten Tangerang bisa menjadi pilot project bagi daerah-daerah lainnya.

“Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dipimpin oleh Bupati Zaki ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi,” kata Harvick melalui keterangan resmi Pemkab Tangerang.

“Dari sekian banyak kunjungan ke kabupaten kota yang saya singgahi, Kabupaten Tangerang ini bisa dijadikan pilot project. Lagi-lagi ini sangat sesuai dengan arahan dari bapak Presiden kepada seluruh masyarakat Indonesia dan kepala daerah untuk terus berinovasi agar melakukan kegiatan yang membangun sektor agro pertanian dan peternakan, perkebunan,” sambungnya.

Dalam kesempatan kunjungannya itu, Harvick berkali-kali menunjukkan ekspresi terkesan dengan sistem Puskagro, dimana petani bisa datang secara langsung menimbang hasil panen dan menjual dengan harga kompetitif.

“Petani bisa dateng datang langsung ke sini, menimbang hasil panennya dan pulang sudah bisa langsung membawa uang. Di sini disediakan langsung pembelinya, jadi luar biasa sekali apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang,” tandasnya.

Meningkatkan Produktivitas dan Menyerap Produk Petani

Zaki mengatakan, Pemkab Tangerang berkomitmen memajukan sektor pertanian dan peternakan baik kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan maupun sumber daya manusianya.

“Kami, pemerintah sebagai fasilitator tentu saja akan terus banyak memberikan bantuan dan inovasi serta fasilitas. Itu semua kembali kepada masyarakat dan para petani kita, bagaimana memanfaatkan hal tersebut,” kata Zaki.

Kehadiran Puskagro dengan sistemnya, kata Zaki, diharapkan bisa meningkatkan produktivitas para petani dan menyerap berbagai produk pertanian dari Kabupaten Tangerang sehingga tidak terbuang sia-sia.

“Saya berharap kehadiran Puskagro ini bisa meningkatkan produktivitas para petani dan todak ada lagi produk pertanian di Kabupaten Tangerang yang tidak bisa terserap dan terbuang sia-sia karena semua bisa ditampung di Puskagro,” tuturnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...