Seluruh Unsur Pimpinan Daerah di Kabupaten Tangerang Berkumpul Jelang Pemilu 2024, Singgung Netralitas dan Profesionalitas

Date:

Seluruh unsur pimpinan daerah di Kabupaten Tangerang berkumpul jelang Pemilu 2024. Mereka mengikuti Rakor Forkopimda yang digelar Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Rabu, 23 November 2023. FOTO ILUSTRASI: Kirab Pemilu Damai 2023 di Kota Tangerang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Seluruh unsur pimpinan daerah di Kabupaten Tangerang berkumpul menjelang pelaksaanaan Pemilu 2024. Dalam pertemuan tersebut disinggung soal netralitas dan profesionalitas aparat.

Para unsur pimpinan tersebut berkumpul untuk menggelar Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (Rakor Forkopimda) yang digelar Badan Kesatuan dan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa, Kamis, 23 November 2023.

Rakor Forkopimda tersebut dalam rangka “Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2024”. Sosialisasi dilakukan untuk memperluas informasi mengenai penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, serta meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Badan Kesatuan dan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana mengatakan sosialisasi ini untuk memberikan edukasi mengenai peraturan tahapan Pemilu 2024, dan memberikan pemahaman akan pentingnya peran Pemerintah Daerah dalam pemilu tahun 2024.

“Melalui sosialisasi ini masyarakat bisa mengetahui seluruh tahapan pemilu dan menyukseskan Pemilu 2024,” kata Rudi dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Sosialisasi Penyelenggaran Pemilu 2024 bertujuan agar masyarakat paham bahwa proses demokrasi ini sangat penting. Karena pada pemilu tersebut akan memilih pimpinan-pimpinan baik presiden, wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota untuk lima tahun kedepan.

“Agar pada waktunya nanti banyak masyarakat yang datang ke lokasi TPS, sehingga bisa memilih dengan maksimal di masing-masing TPS,” tuturnya

Pentingnya Netralitas Aparat

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa semua pegawai ASN di wajibkan Netral dan Profesional dengan tidak memberikan dukungan kepada calon Presiden/Wakil Presiden, calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah, atau calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Ada

Setiap Kepala Perangkat Daerah di wajibkan untuk Mensosialisasikan dan melaksanakan dengan penuh Tanggung Jawab atas keputusan Bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum.

“Nomor 02 tahun 2022, Nomor 800-5474 Tahun 2022, Nomor 246 Tahun 2022, Nomor 30 Tahun 2022, Nomor 1447.1/PM.01/K.1/09/2022 Tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan,” tuturnya.

Dia berharap, semoga dengan adanya kegiatan Rakor Forkopimda ini Pemerintah Daerah maupun masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang bisa menyukseskan Pemilu Tahun 2024.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...