Waspada! Wilayah-wilayah di Banten Ini Berpotensi Dilanda Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Date:

Peringatan dini BMKG soal potensi cuaca buruk di sejumlah wilayah di Provinsi Banten. (FOTO: tabbgkap layar laman BMKG)

Berita Banten – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, sejumlah wilayah di Provinsi Banten pada Jumat, 1 Desember 2023 ini berpotensi dilanda hujan, mulai dari hujan dengan intensitas sedang hingga hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Wilayah-wilayah di Banten yang masuk dalam peringatan dini BMKG tersebut di antaranya Kabupaten Lebak bagian timur dan utara, Kabupaten Tangerang bagian selatan, Kabupaten Pandeglang bagian utara, dan Kabupaten Serang bagian selatan.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kab. Lebak bagian Timur dan Utara, Kab. Tangerang bagian Selatan, Kab. Pandeglang bagian Utara, Kab. Serang bagian Selatan,” demikian peringatan dini yang dipublikasikan di laman resmi BMKG seperti terpantau BantenHits.com, Jumat, 1 Desember 2023.

Waspada Cuaca Buruk

Sementara itu, dikutip Suara.com, jaringan BantenHits.com dari Antara, BMKG meminta warga Tangerang Selatan harus waspada terkait peringatan dini terkait dengan cuaca buruk.

Menurut BMKG, wilayah Kota Tangerang Selatan, Banten yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir atau kilat.

“Kami berharap warga Kota Tangsel (Tangerang Selatan) tetap waspada menghadapi cuaca buruk itu,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, dikutip dari Antara.

Peluang cuaca buruk di Kota Tangerang Selatan tersebut terjadi, Jumat, 1 Desember 2023 dengan ditandai hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Cuaca buruk, kata dia, tentu berpotensi bencana alam sehingga masyarakat harus waspada untuk mengurangi risiko kebencanaan.

Pada pagi hari, cuaca di Kota Tangerang Selatan berawan dan siang hari berpeluang hujan intensitas sedang di Ciputat, Pamulang, Ciputat Timur, dan hujan ringan di Serpong dan Setu.

Pada malam hari hingga dini hari berpeluang berawan dengan suhu udara 24-32 derajat Celcius dan kelembapan udara 60-95 persen serta arah timur laut hingga utara dengan kecepatan 5-20 kilometer per jam.

Wilayah Pandeglang bagian utara dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir atau kilat.

Kalangan nelayan, wisatawan, dan masyarakat diminta waspada terhadap gelombang tinggi 1,25-2,5 meter di perairan Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, dan Samudera Hindia.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related