Prabowo-Gibran Kuasai Total Tanah Jawara

Date:

Bacapres Prabowo Subianto dan Bacawapres Gibran Rakabuming Raka bersama bersama para pendukungnya saat tiba di Gedung KPU,Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ Suara.com)

Berita Pilpres – Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menguasai total Provinsi Banten yang berjuluk Tanah Jawara.

Hal tersebut terpotret dalam survei kekinian Alvara Research Center yang dirilis Kamis, 8 Februari 2024.  Survei dilkasanakan pada periode 22 Januari – 1 Februari 2024 dengan jumlah responden 2.401 orang.

“Survei di Banten ini dilakukan secara tatap muka dengan metode multi-stage random sampling yang melibatkan responden berusia 17 tahun ke atas,” kata Peneliti Senior Alvara Research Center, Lilik Purwandi M.Si melaljui keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com.

“Rentang margin of error dalam survei ini sebesar 2,04% dengan tingkat kepercayaan 95%,” sambungnya.

Menurut Lilik, survei ini dilakukan di Provinsi Banten karena wilayah ini strategis yang sangat dekat dengan pusat pemerintahan Ibu Kota Negara DKI Jakarta.

“Berdasarkan simulasi pemilihan umum yang dilakukan menggunakan kertas suara, elektabilitas tertinggi pasangan Capres – Cawapres di Banten dimiliki oleh pasangan Prabowo – Gibran sebesar 61,6%, diikuti urutan kedua pasangan Anies – Muhaimin sebesar 24,5% dan Ganjar – Mahfud di urutan ketiga dengan 12,2%,” ungkap Lilik.

“Sedangkan yang belum memutuskan hanya 1,7% saja,” lanjutnya.

Dalam survei Alvara tersebut terlihat persentase pasangan Prabowo – Gibran unggul di semua wilayah Kabupaten/ Kota Provinsi Banten.

Berikut elektabilitas pasangan Prabowo – Gibran di masing-masing kabupaten/kota:

1. Kabupaten Lebak (69,6%),

2. Kabupaten Pandeglang (58,4%),

3. Kota Cilegon (72%),

4. Kota Serang (62,4%),

5. Kabupaten Serang (73,1%),

6. Kota Tangerang (42,5%),

7. Kota Tangerang Selatan (56,2%),

8. Kabupaten Tangerang (65,1%).

“Secara umum, elektabilitas pasangan Prabowo – Gibran unggul lebih dari 50% di hampir seluruh Kabupaten/ Kota, kecuali di Kota Tangerang. Hal ini menunjukkan, elektabilitas pasangan 02 akan sulit terkejar dalam waktu dekat, sehingga pasangan ini berpotensi akan menang di Provinsi Banten”, jelas Lilik.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Komplotan Pengoplos Gas Subsidi Digulung Ditreskrimsus Polda Banten, Ini Modus Mereka

Berita Banten - Dua anggota komplotan pengoplos gas subsidi...

Rumah Makan di Kunciran Jaya Pinang Kepergok Sembunyikan Ratusan Botol Miras

Berita Tangerang - Ratusan botol  minuman keras (miras)  berbagai...

Aksi Al Muktabar saat Ajarkan Cara Menyembelih Syar’i kepada Pelajar

Berita Banten - Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar...