Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Date:

Sepatu lokal Dorks sukses melakukan ekspor perdana ke Senegal. FOTO ILUSTRASI: dorkstore.co.id.

Berita Tangerang – Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang diproduksi industri kecil dan menengah (IKM) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) semakin sukses merambah pasar global.

Beberapa waktu lalu, sepatu batik atau Sebatik berhasil merambah pasar Taiwan, Hongkong, Jepang, Malaysia, dan Australia, bahkan hingga ke Belanda.

Kali ini kabar menggembirakan datang dari sepatu lokal merek Dorks. Sepatu yang diproduksi CV Triguna Mitra Abadi ini sukses melakukan ekspor ke Senegal, Afrika Barat.

Ekspor sepatu lokal Dorks ke Senegal ini dilepas langsung Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono di Gerai Tangerang Gemilang, Senin, 26 Februari 2024.

Pencapaian sepatu lokal Kabupaten Tangerang ini sepertinya selaras dengan Data World Footwear Yearbook 2023, dimana Indonesia merupakan eksportir alas kaki terbesar keempat di dunia setelah Tiongkok, India dan Vietnam. Pada 2023, Indonesia pun berhasil mencapai 39,55% atau mencapai nilai ekspor sebesar USD 1,52 miliar atau Rp 23,39 triliun.

Pj Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono saat melepas ekspor perdana sepatu lokal Dorks ke Senegal, Senin, 26 Februari 2024. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Industri Lokal Kualitas Internasional

Saat melepas ekspor sepatu lokal Dorks, Andi Ony mengatakan ekspor produk sepatu ke Senegal adalah pencapaian luar biasa bagi industri sepatu lokal. Industri lokal menunjukkan kualitas dan daya saingnya di pasar internasional. Ia berharap keberhasilan ini menjadi inspirasi bagi para pelaku industri lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk unggulannya.

“Ini menjadi rasa syukur bagi kita semua, yang pada hari ini dengan bangga kita menyaksikan pelepasan ekspor produk ke negara sahabat, sebanyak 4.040 pasang (1 kontainer). Kita juga akan kirim ke Arab Saudi,” kata Andi dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Andi Ony berharap, keberhasilan ekspor ini menjadi penggerak industri lokal untuk terus berinovasi dalam menjangkau pasar internasional.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada CV. Triguna Mitra Abadi atas upaya dan dedikasinya dalam mengembangkan industri sepatu lokal di Kabupaten Tangerang,” tutur dia.

Yang terpenting lagi, Pemkab Tangerang akan terus mendukung perkembangan industri lokal, termasuk sektor sepatu.

“Kami telah menyiapkan program-program dukungan dan fasilitas yang diperlukan serta terus berkomitmen membantu para pelaku industri di Kabupaten Tangerang agar dapat bersaing di pasar global,” pungkasnya.

Pelatihan di Kementerian Perdagangan

Pemilik CV Triguna Mitra Abadi, Arfan Najrun mengatakan, produk sepatu Dorks yang diekspor ke Afrika tersebut, merupakan brand lokal namun berstandar internasional yang diproduksi Kabupaten Tangerang, Banten. Saat ini produk IKM ini menjadi incaran para pembeli lokal maupun luar negeri.

“Awal produk ini bisa tembus ke luar negeri dari hasil pembinaan pemerintah, kami ikut pelatihan di Kementerian Perdagangan dan mengikuti pameran ekspor,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, setelah berhasil tembus ke negara Senegal, ke depan pihaknya akan menargetkan ekspor ke produknya antara lain ke Jeddah dan Dubai.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan pertemuan dengan perwakilan dari Jeddah dan Dubai. Mudah-mudahan nanti hasilnya ada kesepakatan untuk ekspor produk kami,” jelasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...

Peluang Koalisi PDIP-Golkar Pada Tiga Periode Pilkada Kabupaten Serang Terbuka Lebar

Berita Serang - Peluang koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Tangkapan Besar Itu Berawal Pengungkapan Transaksi 1 Kg Sabu di Desa Sukamantri

Berita Tangerang - Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten...