Pantai Jadi Destinasi Wisata Favorit di Banten, Berapa Wisatawan yang Mengunjungi Anyer dan Cinangka pada Libur Lebaran?

Date:

Pantai Anyer
FOTO ILUSTRASI.. pantai Anyer. (Dok. Bantenhits)

Berita Serang – Pantai merupakan destinasi wisata di Banten yang paling favorit dikunjungi wisatawan. Salah satu kawasan pantai yang paling populer adalah Pantai Anyer dan Cinangka di Kabupaten Serang.

Berdasarkan data Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, pada Libur Lebaran 2024 kemarin, destinasi wisata Pantai Anyer dan Cinangka masih menjadi magnet wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah.

Tercatat kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang selama 12-13 April 2024 mencapai 85.050 wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah. Sedangkan untuk hunian atau okupansi hotel rata-rata mencapai 85 persen.

“Kunjungan wisatawan pada 11 April untuk hunian hotel sebanyak 2.835 atau okupansi rata-rata 71 persen, 39.446 wisatawan, rumah makan 1.930 pengunjung,” kata Kepala Disporapar Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya melalui keterangan tertulisnya yang disiarkan Diskominfosatik Kabupaten Serang.

Pada 12 April 2024, sambung Anas, okupansi atau hunian hotel sebanyak 1.289 orang dengan okupansi rata-rata 85 persen. Sementara jumlah wisatawan 37.560 jiwa dan pengunjung rumah makan 1.990.

“Adapun untuk total selama dua hari libur paska lebaran mencapai 85.050 wisatawan,” terang Anas.

Pantauan di lapangan pada jalur menuju destinasi wisata Pantai Anyer dan Cinangka Sabtu, 13 April 2024 masih padat merayap. Baik dari Jalur Palima-Padarincang, Cinangka maupun jalur utama yakni Serang-Cilegon-Anyer serta Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Sementara Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Yurlena Rachman mengatakan, okupansi hotel mengalami peningkatan hall tersebut terlihat banyak hotel yang full dihuni wisatawan sejak 11 sampai 13 April 2024 tepatnya libur pascaLebaran 2024.

“Adapun untuk puncak kemacetan pada H4 lebaran,” ujarnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Campur Aduk Perasaan Awinah Saat Dapat Hadiah Umrah dari Moch. Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Usia Awinah sudah mulai memasuki senja....

Bakal Calon Bupati Tangerang 2024 Mad Romli Makin Gencar Turun ke Desa-desa Menyapa Warga

Berita Tangerang - Bakal calon bupati Tangerang dari Partai...

Pj Wali Kota Tegaskan Komitmennya Dukung Pengembangan Kompetensi Buruh di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...