Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Date:

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 digelar di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang 26-28 April 2024. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai terlewatkan untuk menyaksikan event Kejuaraan Nasional Gateball 2024 yang rencananya akan digelar di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, 26-28 April 2024.

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 ini dgelar Direktorat Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, serta Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi).

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang mengatakan, Kejuaraan Nasional Gateball 2024 akan memperebutkan total hadiah Rp50 juta. Kejuaraan ini akan diikuti peserta dari 36 provinsi se-Indonesia.

“Kami mendukung penuh perhelatan ini. Terlebih, dengan event seperti ini dapat kian menggairahkan dunia olahraga di Kota Tangerang. Apalagi kejuaraan ini sebagai upaya semakin memperkenalkan olahraga Gateball di Kota Tangerang,” kata Kaonang, Kamis, 25 April 2024, dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Kejuaraan Nasional Gateball yang digelar di Kota Tangerang, lanjutnya, merupakan yang kedua kalinya. Pertama kali diadakan pada tahun 2020, bertepatan dengah perayaan HUT ke-27 Kota Tangerang.

Tak hanya itu, cabang olahraga gateball pun kian bersinar setelah meraih juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022.

“Maka dari itu, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kota Tangerang untuk mendukung dan menyaksikan Kejuaraan Gateball 2024 tingkat nasional. Tentunya ajang ini dapat mendongkrak geliat ekonomi masyarakat lewat sport tourism, sportainment dan sport scienes di Kota Tangerang,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kota Tangerang, Agni Wicaksono menerangkan, olahraga Gateball merupakan olahraga dari Jepang yang mirip Hockey dan Polo yang menggunakan stick gateball. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport (olahraga tanpa batas).

“Olahraga gateball pertama ada di Indonesia pada tahun 1995, sedangkan di Kota Tangerang pada awal tahun 2000-an. Tentunya beragam perolehan medali pun telah diraih oleh para atlet dari Kota Tangerang, dari mulai Kejurda Provinsi Banten serta Porprov kemarin saat jadi tuan rumah,” terangnya.

Agni menambahkan, pada Kejuaraan Gateball 2024 tingkat nasional ini akan mengirimkan 11 atlet pada dua kategori yakni beregu campuran mix dan triple campuran mix yang akan bertanding melawan balai dari 36 provinsi se-Indonesia.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Cara Pemkab Tangerang Tingkatkan Kesejahteraan Petani Rumput Laut

Berita Tangerang - Rumput laut merupakan komoditas yang memiliki...

Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka lewat Kolaborasi Pemkot Tangerang dan UNPRI

Berita Tangerang - Implementasi Merdeka Belajar di Kampus Merdeka...

Satu Pemilik Tanah yang Dibebaskan untuk Lahan RSUD Tigaraksa Diduga Istri Camat

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang telah...