84 Petugas Lapangan KB di Lebak Ikut Sosialisasi Data Penduduk

Date:

84 Petugas Lapangan KB di Lebak Ikut Sosialisasi Data Penduduk
84 petugas lapangan KB di Kabupaten Lebak ikut sosialisasi Data Penduduk. (BantenHits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak– Sebanyak 84 petugas lapangan keluarga berencana atau PLKB di Kabupaten Lebak mengikuti sosialisasi data penduduk tahun 2018 di Gedung PGRI Rangkasbitung, Jumat, 11 Januari 2019.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Lebak Tajudin Yamin, mengatakan sosialisasi data penduduk bertujuan agar PLKB bisa mendata sekaligus mengevaluasi program 2018.

“Ini juga untuk persiapan pelaksanaan kegiatan di tahun 2019 ini, Karena memang kondisi capaian 2018 menjadi dasar pengambilan kebijakan pelaksanaan program dan kegiatan kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) di 2019,” kata Tajudin kepada awak media.

Menurutnya, pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membuat rumusan kebijakan-kebijakan terkait kependudukan. Salah satunya adalah program pengendalian penduduk 2018 yang diperkuat dengan Undang-Undang RI Nomor 52 Tahun 2019 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Berdasarkan hal tersebut, sambung Tajudin semua rencana pembangunan perlu ditunjang dengan data jumlah penduduk, pesebaran, serta susunannya berdasarkan kelompok umur.

“Data kependudukan pada KKBPK sangat diperlukan tetapi tidak hanya menyangkut keadaan pada waktu rencana itu disusun. Melainkan juga informasi masa lampau dan lebih penting lagi proyeksi masa masa yang akan datang,” ucapnya.

Tajudin berharap sosialisasin data penduduk dapat meningkatkan kualitas kerja PLKB untuk mendorong program keluarga berkualitas dimasing-masing wilayah tugasnya.

“PLKB yang tersebar di seluruh kecamatan merupakan salah satu ujung tombak demi terciptanya keluarga berkualitas di Kabupaten Lebak,” jelasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...