Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Pandeglang Bangun Rumah Singgah Untuk Warga Miskin Hingga Korban Kekerasaan

Published

on

Pemerintah Kabupaten Pandeglang Menyiapkan Rumah Singgah Untuk Warga Miskin dan Korban Kekerasaan (BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyiapkan rumah singgah untuk warga miskin yang mengalami permasalahan sosial. Rumah singgah ini juga untuk korban kekerasan.

Rumah Singgah ini dinamai Berkah, terletak di Kelurahan Kampung Kadupereng, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang.

“Hadirnya rumah singgah, salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat dalam menyelesaikan permaslahan sosial yang kerap terjadi,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Senin 14 Desember 2020.

Irna juga berharap, Pandeglang juga punya rumah singgah lainnya untuk diwilayah Banten, untuk warga Kabupaten Pandeglang yang dirujuk ke luar daerah.

“Jika ada masyarakat yang tidak mampu yang harus dirujuk keluar Pandeglang bisa memanfaatkan rumah singgah tersebut,” tutupnya.

BACA :  Tanpa Ati-Sokhidin, Tiga Pasang Kandidat di Pilkada Kota Cilegon Kumpul Bareng Sepakat Ingin Cilegon Kondusif

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang Nuriyah menjelaskan, rumah singgah ini merupakan Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 – 2021. Karena pada awal tahun 2020 ada refocusing, sehingga baru bisa terealisasi saat ini.

“Kita ketahui bersama dampak Covid-19 ada refocusing anggaran sehingga baru bisa terlaksana saat ini,” jelasnya.

Menurut Nuriyah, pembangunan rumah singgah ini menggunakan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) dengan anggaran kurang lebih Rp100.000.000,-. Dalam rumah singgah ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti tempat tidur, sofa dan AC.

“Jadi penanganan Covid-19 bukan hanya bansos, tapi bagaimana resiko sosial dampak Covid-19 juga bisa terselesaikan,” tandasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler