Pemkab Pandeglang Bangun Rumah Singgah Untuk Warga Miskin Hingga Korban Kekerasaan

Date:

Pemerintah Kabupaten Pandeglang Menyiapkan Rumah Singgah Untuk Warga Miskin dan Korban Kekerasaan (BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyiapkan rumah singgah untuk warga miskin yang mengalami permasalahan sosial. Rumah singgah ini juga untuk korban kekerasan.

Rumah Singgah ini dinamai Berkah, terletak di Kelurahan Kampung Kadupereng, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang.

“Hadirnya rumah singgah, salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat dalam menyelesaikan permaslahan sosial yang kerap terjadi,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Senin 14 Desember 2020.

Irna juga berharap, Pandeglang juga punya rumah singgah lainnya untuk diwilayah Banten, untuk warga Kabupaten Pandeglang yang dirujuk ke luar daerah.

“Jika ada masyarakat yang tidak mampu yang harus dirujuk keluar Pandeglang bisa memanfaatkan rumah singgah tersebut,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang Nuriyah menjelaskan, rumah singgah ini merupakan Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 – 2021. Karena pada awal tahun 2020 ada refocusing, sehingga baru bisa terealisasi saat ini.

“Kita ketahui bersama dampak Covid-19 ada refocusing anggaran sehingga baru bisa terlaksana saat ini,” jelasnya.

Menurut Nuriyah, pembangunan rumah singgah ini menggunakan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) dengan anggaran kurang lebih Rp100.000.000,-. Dalam rumah singgah ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti tempat tidur, sofa dan AC.

“Jadi penanganan Covid-19 bukan hanya bansos, tapi bagaimana resiko sosial dampak Covid-19 juga bisa terselesaikan,” tandasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...