Peduli Kondisi Terumbu Karang, Porwan Pandeglang Bagikan Ratusan Rak Laba-laba

Date:

Ketua Porwan Pandeglang, Nipal Sutiana saat menyerahkan rak penanaman terumbu karang kepada Koordinator Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten, Nurwata Wiguna.(BantenHits.com/ Samsul Fatoni).

Pandeglang – Prihatin atas kondisi terumbu karang di perairan laut selatan, khususnya di Pulau Badul dan Liwungan yang saat ini terumbu karangnya gundul, Pokja Wartawan (Porwan) Pandeglang menggelar aksi nyata untuk menyelamatkan lingkungan.

Dua pulau tersebut diketahui merupakan titik favorit para nelayan mencari ikan. Karenanya, para kulit tinta mendonasikan ratusan rak laba – laba sebagai media tanam untuk terumbu karang kepada nelayan.

Secara simbolis, penyerahan rak laba – laba dilakukan oleh Ketua Porwan Pandeglang, Nipal Sutiana, kepada Koordinator Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten, Nurwata Wiguna, di Sekretariat Porwan, Jumat 1 Maret 2022.

Nipal mengatakan, selain menulis berita sebagai edukasi kepada masyarakat, wartawan juga perlu bertindak konkret, mengaktualisasi kepeduliannya terhadap lingkungan. 

“Salah satunya, dengan aksi seperti ini (membantu pembuatan rak laba-laba),” katanya. 

Katanya lagi, salah satu penyebab musnahnya terumbu karang di perairan Selat Sunda yaitu, akibat terjangan tsunami tahun 2018 silam. 

Dengan demikian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan tetap menjaga ketersediaan ikan di laut. Maka, harus dilakukan secara massif Gerakan Rehabilitasi Terumbu Karang (GRTK). 

“Sekaligus, hari ini momentum HUT Pandeglang ke-148, menjadi awal langkah Porwan untuk berkesinambungan mendukung GRTK yang digagas F-PTK,” ungkapnya.

Dengan menanam terumbu karang lanjut dia, berarti kita menyelamatkan laut dan melestarikan biota yang ada di dalamnya.

“Kami juga  berharap, pemerintah, pihak swasta dan komponen lainnya, memberikan perhatian lebih terhadap terumbu karang. Demi kelangsungan hidup kita juga,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Koordinator F-PTK Banten, Nurwarta Wiguna mengaku,  terharu dan bangga kepada Porwan Pandeglang yang sudah peduli dan mau bekerjasama.

“Ini luar biasa, dukungan dari kawan -kawan Porwan menjadi energi baru buat kami, untuk tetap melanjutkan perluasan rehabilitasi terumbu karang,” ungkap Nurwarta. 

Ditambahkannya, sejauh ini pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap nelayan pesisir, khususnya di Sumur. 

“Selain mereka melaut, kami juga ajarkan mereka cara membuat rak laba-laba dan menanam terumbu karang,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related