Mau Liburan ke Wisata Pantai di Lebak? Balawista Bakal Jamin Keamanan dan Keselamatan Wisatawan

Date:

FOTO ILUSTRASI. Para atlet surfing Banten saat berlatih. PSOI Provinsi Banten akan menggelar kompetisi surfing tingkat nasional bertajuk Banten Surf Comp 2019 di Sawarna 12-13 Oktober 2019.(Foto: Istimewa)

Berita Lebak- Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata pantai di Kabupaten Lebak pada libur natal 2022 mengalami penurunan signifikan. Kabarnya, hal itu dampak dari cuaca buruk yang menerjang pesisir pantai di wilayah Kabupaten Lebak bagian selatan.

Ketua Balawista Pantai Sawarna, Rendy mencatat kurang dari 1.000 wisatawan mengunjungi pantai Sawarna pada 24-25 Desember 2022. Tentunya, kondisi itu berbanding terbalik saat perayaan libur Natal 2021 lalu yang mencapai 2.000 orang lebih.

“Cuaca buruk yang terjadi pada akhir tahun 2022 menyebabkan wisatawan malas untuk datang berlibur ke pantai. Mereka khawatir, gelombang tinggi di pantai membahayakan keselamatan dirinya dan keluarga,” kata Rendy, Minggu 25 Desember 2022.

Pelaku pariwisata di Sawarna berharap, cuaca ekstrem cepat berlalu. Sehingga, pada libur tahun baru 2023, kunjungan wisatawan ke Sawarna meningkat. Apalagi, banyak wisatawan yang telah memesan penginapan di Sawarna untuk libur tahun baru.

“Kita berharap, wisatawan dapat menikmati liburan akhir tahun di Sawarna. Kita jamin keamanan dan keselamatan wisatawan yang akan berlibur bersama keluarga dan rekan-rekannya,” ujarnya.

Menurut Rendy, Balawista Sawarna standby di pinggir pantai untuk mengawasi wisatawan yang berlibur. Untuk mencegah kecelakaan laut, dirinya dan pemerintah desa memasang poster imbauan agar wisatawan tidak berenang di pantai.

Kata Rendy, hal itu dilakukan karena gelombang di pesisir pantai masih tinggi dan berpotensi membahayakan pengunjung.

“Pemasangan poster imbauan kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di pantai yang dapat membahayakan wisatawan,” jelasnya.

Ketua Balawista Kabupaten Lebak Mumu Mahmudin membenarkan, terjadi penurunan kunjungan wisatawan pada libur Natal 2022. Kondisi tersebut dipengaruhi cuaca ekstrem dan pemberitaan media tentang gelombang tinggi di pantai.

“Jadi, bukan hanya akibat cuaca buruk. Tapi pemberitaan media juga mempengaruhi masyarakat untuk tidak berlibur ke pantai,” jelasnya.

Mumu berharap, kunjungan wisatawan meningkat pada libur tahun baru 2023. Karena itu, dia dan jajaran Balawista di Lebak siap menjaga wisatawan agar tetap aman dan nyaman ketika berlibur ke pantai di Lebak selatan.

“Saya optimistis, kunjungan wisatawan ke destinasi wisata pantai di Lebak akan meningkat di akhir tahun ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak juga telah membuat posko siaga di lokasi wisata. Posko tersebut untuk memberikan pengamanan kepada wisatawan.

“Posko siaga di lokasi wisata sudah didirikan pemerintah daerah. Semoga tidak akan terjadi apa-apa selama libur akhir tahun,” harapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Campur Aduk Perasaan Awinah Saat Dapat Hadiah Umrah dari Moch. Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Usia Awinah sudah mulai memasuki senja....

Bakal Calon Bupati Tangerang 2024 Mad Romli Makin Gencar Turun ke Desa-desa Menyapa Warga

Berita Tangerang - Bakal calon bupati Tangerang dari Partai...

Pj Wali Kota Tegaskan Komitmennya Dukung Pengembangan Kompetensi Buruh di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...