‘Kandang Banteng’ Ditaklukkan Sosok Jujur, Berani, Tegas dan Berwibawa?

Date:

Prabowo Subianto unggul dalam Musra Relawan Jokowi di Yogyakarta. Peserta Musra mendambakan sosok calon presiden jujur, berani, tegas dan berwibawa. ILUSTRASI: Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto (Foto: BPMI_Setpres/ fajar.co.id)

Berita Jakarta – Sosok jujur, berani, tegas, dan berwibawa menjadi calon presiden pilihan favorit dalam musyawarah rakyat atau Musra Indonesia relawan Joko Widodo (Jokowi) XVI di Yogyakarta yang digelar Ahad, 28 Januari 2023 lalu.

“Peserta Musra Yogyakarta cenderung mendambakan pemimpin bangsa yang berani, tegas, dan berwibawa,” kata Ketua Panitia Nasional Musra Panel Barus, Rabu, 1 Februari 2023 seperti dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

“Selain itu ada isu-isu yang cukup mencuat dibicarakan adalah terkait dengan persoalan kesejahteraan, isu-isu yang cukup hangat mengingat Yogyakarta adalah provinsi yang dikategorikan termiskin di Pulau Jawa. Sebagian warga menyoroti juga isu keamanan,” sambungnya.

Tidak hanya itu, lanjut Panel, capres dengan karakter yang jujur, bersih, dan merakyat mereka nilai menjadi sosok yang tepat untuk memimpin negeri ini. Terlepas dari itu, mereka juga mengidamkan pemimpin lainnya yang memiliki karakter berpengalaman dan dermawan.

“Jujur dan bersih dan merakyat merupakan karakter yang beriringan tidak terpaut jauh. Berakhlak baik diikuti dengan berpendidikan dan profesional,” pungkasnya.

Dalam Musra relawan Jokowi XVI di Yogyakarta, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dengan perolehan suara sebanyak 1.074 atau setara dengan 30,19%. Suara tersebut diperoleh dari 3.557 responden yang hadir langsung dalam musra tersebut.

Jateng Ditaklukkan dengan Cara Halus dan Cerdas

Pengamat Politik Ujang Komarudin berpendapat bahwa berhasilnya Prabowo menggeser nama Ganjar menjadi hal yang positif bagi Menteri Pertahanan tersebut. Artinya, Gerindra telah memanaskan mesin partai sehingga terjadi pergeseran suara untuk Prabowo di Jawa Tengah (Jateng).

“Bagaimanapun Jawa Tengah menjadi penting bagi Prabowo. Karena di sana basis massa PDIP dan suara Ganjar besar di sana. Bagaimana Prabowo bisa menaklukkan Jawa Tengah dengan cara-cara smooth dan smart,” kata Ujang, Kamis, 2 Februari 2023 dilansir RCTI+.

Dia menilai pertemuan Prabowo beserta tokoh-tokoh masyarakat Jawa Tengah menjadi langkah penting bagi Menteri Pertahanan tersebut untuk merebut hati masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

“Jadi sebenarnya Prabowo masih punya peluang unggul di Jawa Tengah. Kalau ya di kita ini kan masyarakat juga bisa berubah. Apalagi perilaku masyarakat, perilaku pemilih publik juga bisa berubah. Tergantung sekarang bagaimana daya pikat Prabowo untuk muncul lagi sebagai tokoh yang bisa membawa harapan bagi masyarakat Jawa Tengah,” ujar dosen ilmu politik Universitas Al Azhar Indonesia ini.

Jika koalisi partai yang mendukung Prabowo beserta unsur-unsur partai lainnya solid untuk memenangkan Prabowo sebagai presiden pada Pilpres 2024, maka menurut Ujang suara Prabowo bisa mengungguli capres lainnya.

“Kalau itu bisa dilakukan, masyarakat Jawa Tengah misalkan ‘kesemsem’, suka, senang pada Prabowo maka, suara Prabowo bisa saja naik dan bisa saja unggul dibandingkan dengan capres lainnya, termasuk bisa saja unggul dari Ganjar,” pungkasnya.

Sumber: RCTI+

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...