Sat-set Sat-set, Begini Deretan Penanganan Cepat Pemkot Tangerang saat Banjir Melanda

Date:

Jajaran DPUPR Kota Tangerang saat menangani tanggul jebol saat banjir Rabu 15 Maret 2023. Pemkot Tangerang melalui OPD terkait melakukan penanganan cepat saat banjir melanda. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Banjir menyergap sejumlah titik di Kota Tangerang, Rabu, 15 Maret 2023. Lokasi yang terendam di antaranya Komplek Perumahan Mutiara Pluit, Garden City, Periuk Damai dan wilayah sekitarnya. Ketinggian air berkisar 20 – 120 sentimeter.

Banjir di sejumlah kawasan itu dipicu hujan dengan intensitas tinggi, ditambah air kiriman dari Sungai Cirarab yang tak terkendali, sehingga mengakibatkan Situ Bulakan, Kecamatan Periuk meluap.

Kondisi itu direspons cepat Pemkot Tangerang. Melalui sejumlah OPD terkait, Pemkot Tangerang melakukan sederet penanganan di lokasi kejadian.

Kepala DPUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono mengungkapkan, air yang meluap adalah aliran yang akan menuju Situ Bulakan. pada Rabu sekitar pukul 16.53 wib terjadi tanggul jebol sekitar delapan meter antara RW 8 dan RW 13 Kelurahan Periuk dan mengakibatkan sejumlah pemukiman tergenang.

“Atas kondisi tersebut, tim DPUPR langsung ke lapangan membawa kisdam dan laporan pukul 18.20 WIB, sekitar 150 kisdam sudah selesai terpasang. Kini petugas bergeser tugas melakukan penyedotan disejumlah wilayah yang tergenang akibat luapan tersebut,” ungkap Ruta melalui laman Rabu malam, 15 Maret 2023 dikutip BantenHits.com, Kamis, 16 Maret 2023.

Ia pun menyatakan, sejumlah pompa yang tidak berfungsi tersebut sudah dicek dan ditangani petugas. DPUPR pun sudah menurunkan sejumlah pompa portabel untuk sigap melakukan penanganan pasca matinya pompa tersebut.

“Jadi kondisinya pompa yang mati sudah dicek dan ditangani kendalanya, sudah diperbaiki. Namun, beriringan dengan penanganan tersebut DPUPR juga sudah menurunkan pompa-pompa portabel untuk bergerak melakukan penyedotan di pemukiman warga, yang hingga saat ini masih berlangsung,” jelas Ruta.

Kata Ruta, sekitar 300 personil dikerahkan untuk melakukan penanganan banjir di wilayah Periuk, Alamanda dan sejumlah titik banjir dan genangan lainnya di Kota Tangerang.

“Kondisi terkini wilayah Periuk sudah kondisi terkendali dan tertangani. Saat ini tinggal menunggu proses penyedotan pompa,” katanya.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono mengatakan, Selain melakukan evakuasi korban banjir, BPBD juga membantu mobilitas masyarakat dengan perahu karet.

“BPBD juga telah mendirikan Posko Pengungsian dua unit tenda di Perum Garden City RW 25, Gebang Raya, Periuk,” ungkap Maryono.

Sementara itu, Kepala Dishub, Kota Tangerang, Achmad Suhaely mengungkapkan sejak dini hari petugas Dishub sudah bersiaga di jalan-jalan Kota Tangerang, mengantisipasi potensi macet disaat cuaca masih hujan di jam padat lalu lintas yaitu waktu pagi, dimana masyarakat beraktifitas keluar rumah untuk kerja, bersekolah dan lainnya.

“Dipastikan, jalan protokol menjadi perhatian utama, selanjutnya jalur-jalur yang mengarah ke wilayah Jakarta. Selebihnya, petugas akan bergerak tentatif sesuai pantauan ATCS Dinas Perhubungan dimana lalu lintas padat macet, dan membutuhkan petugas untuk segera mengurai,” ungkap Suhaeli, Rabu 15 Maret 2023.

Menurut Suhaeli, sebagai petugas lapangan berupaya memberikan langkah kongkritnya, untuk lebih menggerakkan dan mengoptimalkan kerja tim terpadu, baik dengan Kepolisian maupun TNI.

“Petugas juga akan bergerak atau berpindah atas laporan kemacetan yang masuk ke Dishub melalui Laksa maupun layanan laporan lainnya. Tak terkecuali, petugas juga bisa statis dengan pantauan kemacetan google maps, cara apa pun dilakukan untuk sigap siaga mengurai potensi-potensi kemacetan,” katanya.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...