Bumi Tirtayasa, Tempat Healing Teranyar yang Bikin Segala Penat Ambyar..

Date:

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah berfoto di atas ayunan di atas kolam ikan yang berada di Bumi Tirtayasa. (Istimewa)

Berita Serang – Namanya Bumi Tirtayasa. Memasuki kawasan ini kalian akan lupa segala penat dan lelah setelah disibukkan dengan jam kerja.

Hamparan padi menghijau dengan bulir-bulir yang mulai menguning, seperti sihir yang membuat pengunjung ingin berlama-lama di Bumi Tirtayasa. Gemericik aliran air menambah syahdu suasana. Kemudian semuanya terasa sempurna ketika menu kuliner khas desa tersaji… Hmmmm…

Bumi Tirtayasa terletak di Desa Tirtayasa, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten. Hanya butuh waktu 1 jam dari pusat Kabupaten Serang.

Objek wisata ini baru saja diresmikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Kamis, 16 Maret 2023. Kawasan tersebut menyuguhkan pemandangan persawahan yang asri, kuliner, kolam renang, dan arena lainnya yang bisa memberikan kenyamanan pada pengunjung.

Tatu mengatakan, Pemkab Serang sebelumnya sudah menetapkan 30 desa wisata. Pada tahun 2023 akan diresmikan desa wisata satu per satu.

“Ini potensi luar biasa di Desa Wisata Bumi Tirtayasa, dengan view persawahan bisa dikembangkan menjadi tempat wisata yang sangat menarik,” kata Tatu.

Pemkab Serang berkomitmen akan mengajak perusahaan dan perbankan untuk membantu menyempurnakan kekurangan yang ada di desa wisata tersebut.

“Nanti kita bantu cari barista agar bisa ada menu kopi yang enak, lalu kita upayakan ada atraksi kesenian tradisional, karena panggung sudah ada,” imbuhnya.

Dia bercerita, desa wisata pertama di Kabupaten Serang adalah Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka dan mendapat pendampingan dari Kampus Trisakti. Desa Cikolelet sudah mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia Kategori Desa Wisata Favorit dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Desa Wisata Bumi Tirtayasa juga bakal melakukan hal serupa dengan Desa Wisata Cikolelet, serta ada integrasi dengan Wisata Religi Tanara.

“Jadi nanti orang bisa berwisata sampai dua hari, menginap karena ingin menikmati destinasi wisata lainnya, roda perekonomian masyarakat juga berjalan,” jelasnya.

Ia berharap, pengelola mampu menjaga kebersihan di sekitar objek wisata, serta menciptakan kuliner khas Tirtayasa.

“Jangan sampai orang datang kecewa karena makanan tidak enak dan kebersihan minim,” pesannya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat meresmikan tempat wisata Bumi Tirtayasa, Kamis, 16 Maret 2023. (Istimewa)

Ketua DPRD Kabupaten Serang yang hadir pada kesempatan tersebut juga berpesan agar pengelola wisata Bumi Tirtayasa ramah terhadap wisatawan. Selain itu, perlu menguatkan sapta pesona pariwisata.

“Lokasi objek wisata ini dekat dengan lokasi ziarah makam Sultan Ageng Tirtayasa, maka wisatawan yang ziarah harus diajak kuliner di objek Wisata Bumi Tirtayasa. Maka sajikan menu makanan yang enak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tirtayasa, Rido menuturkan, Desa Bumi Tirtayasa terdapat wahana permainan anak, waterpool, sepeda air bebek, offroad ATV dan lain sebagainya.

“Sebagian masih proses, nanti kita perbanyak wahananya,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sebelum diresmikan wisata tersebut sudah didatangi oleh ratusan pengunjung dari berbagai wilayah seperti Cilegon, Pandeglang, Serang dan sekitarnya.

“Tiket masuk cukup terjangkau hanya Rp5.000 saja,” ujarnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Cerita Pj Gubernur Banten Lima Kali Selalu Jadi Pemotong Hewan Kurban dari Jokowi

Berita Banten - Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kawasan...

Sedot APBD Rp 62 M Lebih, Pengadaan 4,9 Ha Lahan RSUD Tigaraksa Berawal Hasil FS PT Inasa Sakha Kirana

Berita Tangerang - Kantor Kejaksaan Negeri atau Kejari Kabupaten...

Terendus Dugaan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penjualan Aset Karantina Hewan di Tanjung Burung

Berita Tangerang - Perkumpulan Masyarakat Pemerhati Kebijakan Publik (Maha...