Arief Ingin Penyusunan RDTR Kota Tangerang Mendukung Kelestarian Lingkungan Hidup

Date:

Konsultasi publik KLHS dan RDTR Kota Tangerang dihadiri seluruh stakeholder dari OPD, BUMN, BUMD, LSM, dan tokoh masyarakat. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang atau RDTR Kota Tangerang harus terintegrasi dan mendukung kelestarian lingkungan hidup. Karenanya, forum konsultasi antara Pemkot Tangerang dengan masyarakat harus dimanfaatkan secara maksimal.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah di hadapan para peserta Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan RDTR Kota Tangerang yang dihadiri stakeholder dari unsur OPD, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi dan LSM serta para tokoh masyarakat di lingkup Kota Tangerang, Kamis, 8 Juni 2023.

“Karena sesuai dengan amanat Undang-Undang  yang berlaku, pelaksanaan penyusunan RDTR dilakukan dengan turut memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup dan kajian lingkungan hidup strategis. Dan forum ini, turut mengakomodir rekomendasi KLHS yang merupakan hasil pengolahan dari aspirasi dan masukan masyarakat yang telah dijaring pada Rapat Konsultasi Publik sebelumnya,” kata Arief melalui keterangan resmi.

Menurut Arief, melalui proses ini Pemkot Tangerang tentunya berupaya dapat menghasilkan kebijakan yang mendukung kelestarian lingkungan hidup yang juga terintegrasi dengan penyusunan RDTR Kota Tangerang.

“Sehingga dapat tersusun RDTR yang mendukung kelestarian,  wawasan serta pemahaman tentang pentingnya mempertahankan keberlangsungan lingkungan hidup atau environmentally sound,” ucapnya.

Lebih lanjut, Arief mengapresiasi kegiatan konsultasi publik yang telah melibatkan peran serta berbagai pihak baik dalam penyusunan RDTR maupun KLHS.

“Masyarakat adalah pemangku kepentingan yang menikmati hasil pembangunan yang dibuat dan dilaksanakan oleh pemerintah serta terkena dampak dari kebijakan  pemerintah. Selain itu,  memiliki informasi serta keahlian yang relevan dengan substansi kebijakan, rencana, serta program dari pemerintah.

Sehingga keterlibatannya,  akan sangat membantu dalam upaya menyusun kajian untuk menghasilkan kebijakan yang mendukung kelestarian lingkungan hidup dalam pemanfaatan tata ruang,” pungkasnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...