Keren! Sistem Manajemen Anti Penyuapan di Kabupaten Tangerang Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat menerima sertifikat ISO 37001:2016. Inspektorat Kabupaten Tangerang menjadi instansi pertama di Banten yang meraih sertifikat ISO ini. Inspektorat Kabupaten Tangerang sukses menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik, dimana di dalamnya ada Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Inspektorat Kabupaten Tangerang menjadi instansi pertama di Provinsi Banten yang berhasil meraih sertifikat ISO 37001:2016. Sertifikat ISO tersebut diberikan saat acara Talkshow Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di Episode Hotel Gading Serpong Kelapa Dua, Rabu, 13 September 2023.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskadar Zaki mengatakan, talk show SMAP adalah langkah strategis dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk penguatan tata kelola pemerintahan melalui sistem penerapan ISO 37001: 2016.

“Alhamdulillah Kabupaten Tangerang melalui Inspektorat adalah instansi pertama di Provinsi Banten yang mendapatkan sertifikat ISO 37001: 2016,” kata Zaki melalui laman resmi Pemkab Tangerang.

Tata Kelola Pemerintahan Makin Baik

Zaki berharap diraihnya ISO 37001: 2016 tersebut, bisa memberikan dorongan dan menguatkan komitmen bersama untuk melangkah lebih baik lagi supaya tata kelola pemerintahan di Kabupaten Tangerang setiap tahunnya bisa semakin baik, objektif, dan sempurna sehingga program yang ditujukan kepada masyarakat bisa terlaksana baik dan bermuara pada pemerintahan yang bersih.

“Hari ini kita buktikan dengan kerja keras, kolaborasi, komitmen, disiplin dan juga kerja sama dalam waktu enam bulan, Inspektorat Kabupaten Tangerang bisa menyelesaikan dan meraih ISO 37001. Ini adalah kerja keras dari seluruh tim Inspektorat. Saya berharap nantinya seluruh OPD bisa ikut menjalankannya,” tuturnya.

Zaki mengingatkan, seluruh penghargaan dan apresiasi yang telah diraih jangan sampai membuat lupa diri dan berpuas diri. Menurutnya, dengan diraihnya penghargaan dan apreasiasi menjadikan pelecut semangat, untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan lagi tata kelola Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Diakui Negara Lain

Sementara itu, Anwar Siregar selaku Direktur CBQA Global yang memberikan sertifikat ISO kepada Inspektorat Kabupaten Tangerang mengatakan CBQA Global adalah lembaga sertifikasi yang telah memiliki lisensi di 100 lebih negara. Sertifikasi ini tidak hanya diakui di Indonesia tapi juga diakui di negara-negara lain.

“Saya berharap dan sangat bersyukur bahwa komitmen terkait SMAP ini menghasilkan keluarnya sertifikasi ISO yang diraih oleh Inspektorat Kabupaten Tangerang. Karena yang dibutuhkan untuk meraih ini adalah komitmen dari top manajemen, mudah-mudahan siapa pun pemimpinnya dan apabila terjadi pergantian kepemimpinan maka komitmen ini bisa tetap dilanjutkan,” terang Anwar.

Menurut dia, hal yang paling sulit bukanlah mendapatkannya namun bagaimana menjaganya. Untuk itu, dia pun mengajak semua untuk menjaga bersama-sama apa yang telah diraih sehingga tata kelola pemerintahan semakin baik dan sempurna sebagaimana harapan Bupati Tangerang.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...