Gas Amonia Pabrik Es di Koang Jaya Diduga Bocor, Puluhan Warga Terpapar Dilarikan ke Rumah Sakit

Date:

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho melihat kondisi salah seorang warga yang terpapar gas amonia pabrik es di Koang Jaya yang diduga bocor. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Tangerang – Puluhan Warga Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang terpaksa dilarikan ke sejumlah rmah sakit terdekat setelah diduga keracunan gas amonia pabrik Es yang bocor, Selasa pagi, 6 Februari 2024, sekitar jam 03.00 WIB.

Dugaan kebocoran gas amonia di pabrik es tersebut terjadi pada salah satu pipanya saat proses produksi es sedang berjalan.

Jajaran Polres Metro Tangerang Kota bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena gas tersebut ke rumah sakit di sekitar lokasi.

Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho bersama jajaran saat mengecek pabrik dugaan bocornya gas amonia pabrik es di Koang Jaya, Karawaci, Selasa, 6 Februari 2024. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Gas amonia yang diduga bocor menyebar ke permukiman warga.

“Saat ini kurang lebih ada 27 warga di tangani pihak rumah sakit sekitar lokasi yakni di RS Sangiang 4 orang, RS Sari Asih Karawaci ada 16 orang, Arrahmah 4 orang, Hermina 3 orang,” kata Zain seusai melakukan pengecekan di lokasi, Selasa pagi, 6 Febuari 2024.

Setelah melakukan pengecekan d lokasi, lanjutnya, Polres Metro Tangerang Kota melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Kota Tangerang.

“Kita juga melakukan lokalisir TKP jangan sampai masyarakat mendatangi lokasi karena gas amonia ini cukup menyengat baunya yang bisa membahayakan kesehatan masyarakat,” ucap Zain.

Menurut Zain, pihaknya melakukan evakuasi masyarakat sekitar radius 100-200 meter dari lokasi untuk bergeser ke lokasi yang aman supaya tidak keracunan gas tersebut .

“Saat ini kami sudah mengumpulkan saksi saki yang ada dan mendata para korban untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Zain menjelaskan, gas amonia yang diduga bocor ini digunakan di pabrik es untuk pembekuan es supaya tetap dingin.

“Waktu kita cek lokasi ada pipa yang terbuka kemunginan besar bocor pada saat proses produksi. Untuk saat ini kita fokus dalam penanganan warga dulu supaya sehat kembali,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...