Angkutan Lebaran 2024 di Kabupaten Tangerang Sudah Mulai Jalani Uji Layak Jalan

Date:

Angkutan umum di Kabupaten Tangerang dan armada angkutan mudik gratis yang akan beroperasi pada Lebaran 2024 mulai menjalani pemeriksaan layak jalan di UPTD Dishub Kabupaten Tangerang. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Armada angkutan umum di Kabupaten Tangerang yang akan beroperasi pada Lebaran 2024, sudah mulai menjalani uji layak jalan atau pemeriksaan kelaikan jalan alias ramp check.

Selain angkutan umum, ramp check juga dilakukan terhadap armada angkutan mudik gratis di Kabupaten Tangerang yangberjumlah 26 unit, terdiri dari Bus Komara dan Adhi Prima.

Pemeriksaan dilakukan di UPTD Pengelola Prasarana Teknik Perhubungan (PPTP) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Kecamatan Sukamulya, Senin, 1 April 2024.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, ramp check dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan kelaikan operasional angkutan penumpang dan meningkatkan keselamatan penumpang menjelang liburan dan mudik Lebaran 2024.

“Kegiatan ini juga dilakukan guna memeriksa kesiapan armada bus yang nantinya akan digunakan untuk program Mudik Gratis 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang,” kata Achmad Taufik dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

“Ramp check dilakukan untuk memastikan kelaikan kendaraan bus untuk menghadapi Mudik Lebaran Tahun 2024. Kami mengimbau kepada para sopir agar menjaga kondisi fisik dan beristirahat jika kelelahan saat mengemudi. Hal ini dilakukan demi keselamatan bersama dan mendukung kelancaran perjalanan,” sambungnya.

Kepala Bidang Keselamatan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Surachman menambahkan, rampa check seperti ini sudah dilakukan secara rutin di beberapa PO bus.

“Namun kali ini dalam rangka memeriksa kesiapan beroperasinya angkutan penumpang yang akan digunakan untuk Mudik Gratis Tahun 2024. Ramp check dilakukan di UPTD Pengelola Prasarana Teknis Perhubungan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Ramp check yang dilakukan kali ini, lanjutnya, sebagai upaya untuk memberikan layanan yang lebih optimal yaitu dengan menggunakan peralatan uji kendaraan bermotor.

“Ramp check angkutan penumpang dimaksudkan untuk memastikan bahwa kendaraan yang digunakan untuk layanan angkutan penumpang mudik gratis, selama periode mudik aman, layak, dan memenuhi standar keselamatan, melalui pemeriksaan yang ketat terhadap kondisi teknisnya, termasuk sistem pengereman, lampu, ban, dan bagian-bagian lainnya yang penting untuk keselamatan,” tuturnya.

Surcahman menambahkan, ramp check angkutan penumpang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan selama periode mudik dan mengurangi risiko kecelakaan yang dapat terjadi karena kondisi kendaraan yang tidak memadai.

“Dari hasil ramp check, masih terdapat beberapa catatan sehingga perlu dilakukan perbaikan namun tidak begitu signifikan. Kami memberikan toleransi selama dua hari mendatang untuk melakukan perbaikan. Namun, apabila tidak terpenuhi maka kami akan merekomendasikan bahwa kendaraan tersebut tidak boleh beroperasi, dan pihak PO Bus harus menyiapkan kendaraan angkutan lainnya sebagai pengganti dan itupun setelah dinyatakan laik jalan.” tuturnya.

Dishub Kabupaten Tangerang mengimbau kepada para pemilik PO bus untuk terus meningkatkan kualitas dan mempertahankan kelaikan kendaraannya. Dishub juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk dapat bersinergi dan meningkatkan fungsinya masing-masing guna menciptakan keselamatan masyarakat khususnya dalam aktivitas berlalu-lintas.

“Kami berharap dengan adanya ramp check, armada bus yang digunakan dapat beroperasi dengan laik dan aman, serta para pemudik bisa merasa nyaman saat di perjalanan hingga sampai tujuan dengan selamat,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...