Korlantas Polri Siapkan Sederet Upaya Optimalkan Pelayanan Arus Balik Lebaran 2024

Date:

FOTO ILUSTRASI: Kemacetan panjang menuju Pelabuhan Merak saat arus mudik Lebaran 2016. (Dok. BantenHits.com)

Berita Jakarta – Sederet upaya sudah disiapkan Korlantas Polri untuk mengoptimalkan pelayanan saat arus balik Lebaran 2024 yang diprediksi puncaknya akan terjadi Minggu-Senin, 14-15 April 2024.

Upaya yang sudah disiapkan di antaranya menerapkan skema contra flow dengan menambahkan armada safety car di sepanjang jalur contra flow, serta memperketat pembatas jalan.

“Penambahan armada safety car atau kendaraan pengawalan untuk memantau batas kecepatapan di jalur contraflow. Akan lebih banyak kendaraan dalurat atau pendukung seperti mobil derek, ambulans dan sebagainya guna memastikan tindakan mitigasi lebih cepat,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan kepada wartawan, Sabtu, 13 April 2024 dikutip BantenHits.com dari laman resmi Humas Polri.

Selain itu, lanjut Aan, upaya peningkatan infrastruktur jalan juga dilakukan pihaknya dengan menambah pembatas jalan seperti traffic cone dan barrier.

“Memperketat pembatasan jalan dengan menambah kombinasi cone dan barrier pada sepanjang jalur,” ungkapnya.

“Untuk membantu visibilitas pengendara lebih baik, juga akan mengaplikasikan lampu tambahan sebagai pembatas baik di jalur contraflow maupun reguler,” sambungnya.

Aa menambahkan, jajarannya akan terus mengedukasi kepada masyarakat tentang prosedur dan pentingnya patuh terhadap aturan lalu lintas saat menggunakan jalur contraflow.

“Diharapkan dengan adanya strategi tersebut arus balik lebaran bisa dielola dengan lebih efisien dan aman bagi semua pengguna jalan,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Cara Pemkab Tangerang Tingkatkan Kesejahteraan Petani Rumput Laut

Berita Tangerang - Rumput laut merupakan komoditas yang memiliki...

Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka lewat Kolaborasi Pemkot Tangerang dan UNPRI

Berita Tangerang - Implementasi Merdeka Belajar di Kampus Merdeka...

Satu Pemilik Tanah yang Dibebaskan untuk Lahan RSUD Tigaraksa Diduga Istri Camat

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang telah...