Budaya Membaca di Kabupaten Tangerang Hanya 40 Persen, Pj Bupati Bicara Pentingnya Inovasi untuk Tingkatkan Literasi

Date:

FOTO ILUSTRASI: Aktivis Literasi, Rarmiadi saat berada di tengah anak-anak yang sedang membaca di Perahu Pustaka. (Dok. BantenHits.com)

Berita Tangerang – Berbagai inovasi harus terus didorong untuk meningkatkan literasi dan minat baca di Kabupaten Tangerang dari masa ke masa, sehingga kegiatan membaca bisa menjadi budaya di tengah masyarakat.

Saat ini budaya membaca masyarakat di Kabupaten Tangerang masih sekitar 49 persen. Untuk itu inovasi dan terobosan baru untuk meningkatkan budaya membaca perlu terus dilakukan dan dikembangkan dengan menggandeng pihak swasta maupun komunitas ke depannya.

Pernyataan tersebut disampaikan Penjabat atau Pj Bupati Tangerang, Andi Ony saat membuka Tangerang Gemilang Book Fair yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang selama 1 bulan di Mall Ciputra Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Rabu, 17 April 2024.

“Hasil survei kegiatan membaca di Kabupaten Tangerang itu baru di angka 49,93 % dan perlu ditingkatkan di atas 50 % ke depannya. Bukan saja di salah satu mall yang ada di tempat ini tapi di tempat-tempat lainnya dimana sering dikunjungi masyarakat, dan tujuannya adalah dapat menggugah semangat membaca masyarakat,” kata Andi Ony dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Pada kesempatan itu, Andy Ony juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Tangerang Gemilang Book Fair 2024 di Mal Ciputra.

“Dengan inovasi kegiatan seperti ini yang dicampur dengan berbagai kegiatan-kegiatan seperti pameran buku ini, literasi dan minat membaca masyarakat semakin meningkat,” kata Andi Ony dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Tangerang Gemilang Book Fair, lanjutnya, merupakan partisipasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam menjalankan amanat daripada Undang-undang 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

“Dalam peraturan tersebut mengamanatkan bahwa pemerintah daerah diharapkan dapat mendukung kegiatan literasi atau kegiatan membaca menjadi sebuah budaya di masyarakat,” ungkap Andi.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dan upaya dari Dinas Perpusip untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat, dan juga bukan merupakan bentuk pameran buku saja, namun ada kolaborasi dengan komunitas-komunitas yang lainnya untuk membuat acara dan kegiatan semenarik mungkin,” sambungnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Cara Pemkab Tangerang Tingkatkan Kesejahteraan Petani Rumput Laut

Berita Tangerang - Rumput laut merupakan komoditas yang memiliki...

Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka lewat Kolaborasi Pemkot Tangerang dan UNPRI

Berita Tangerang - Implementasi Merdeka Belajar di Kampus Merdeka...

Satu Pemilik Tanah yang Dibebaskan untuk Lahan RSUD Tigaraksa Diduga Istri Camat

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang telah...