LKPD  2023 Diganjar WTP, SAKIP Dinilai Baik dan Indeks Reformasi Birokrasi Meningkat; Emang Boleh Pemprov Banten Se-oke Ini?

Date:

Pemerintah Provinsi Banten kembali meraih opini WTP dari BPK RI atas LKPD Provinsi Banten Tahun Anggaran 2023. Capaian ini menjadikan Pemprov Banten meraih opini WTP delapan kali berturut-turut pada LKPD 2016 hingga LKPD 2023.

Berita Banten – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten berhasil menorehkan sejumlah capaian positif di awal 2024 ini.

Capaian itu di antaranya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Banten 2023 yang diganjar WTP oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK), Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) mendapat penilaian baik, serta indeks Reformasi Birokrasi (RB) yang meningkat.

Hal tersebut dibeberkan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti dalam sambutannya pada apel pagi di lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin, 22 April 2024.

“Pemprov Banten sudah memperoleh opini WTP sebanyak delapan kali berturut-turut. Kinerja ini tentunya merupakan kinerja kita Bersama,” ungkap Virgo dilansir laman resmi Pemprov Banten.

“Kinerja ini kita pertahankan bahkan kita tingkatkan kembali bukan hanya dari sisi pelaksanaan keuangannya saja tetapi termasuk didalam pelaksanaan kegiatannya lebih berkualitas dan memiliki dampak signifikan terhadap tugas pokok dan fungsi Pemerintah Provinsi Banten,” sambungnya.

Virgojanti menegaskan pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong pelaksanaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk segera mempersiapkan sejak dini kebutuhan pencapaian target berupa, terpenuhinya sejumlah dokumen sebagaimana dipersyaratkan dalam 4 indikator yaitu pencapaian kinerja seperti renstra, perjanjian kinerja maupun sejumlah dokumen lainnya serta indikator perencanaan kinerja, pelaporan kinerja dan, evaluasi kinerja.

“Untuk SAKIP kita apresiasi dan mendapatkan penilaian Baik. Tentunya masih terdapat beberapa kekurangan yang harus kita perbaiki terutama evidence-evidence dan pohon kinerjanya kita utamakan agar pencapaiannya sangat baik,” tegas Virgojanti.

“Semuanya dapat menghasilkan kinerja yang terbaik agar dapat kita persembahkan untuk masyarakat di Provinsi Banten. Ini harus menjadi komitmen kita bersama,” lanjutnya.

Menurut Virgojanti, capaian RB Provinsi Banten yang mengalami peningkatan merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Banten serius dalam mencapai tata kelola pemerintahan yang baik (Good governance) serta melakukan pembaharuan dan perubahan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama terhadap aspek kelembagaan yang efektif dan efisien.

“Maka dari itu berkaitan dengan capaian Reformasi Birokrasi kita juga mengalami peningkatan. Jika capaian SAKIP-nya bagus ini juga dapat mempengaruhi capaian Reformasi Birokrasi agar terwujudnya tata Kelola pemerintahan yang baik,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Campur Aduk Perasaan Awinah Saat Dapat Hadiah Umrah dari Moch. Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Usia Awinah sudah mulai memasuki senja....

Bakal Calon Bupati Tangerang 2024 Mad Romli Makin Gencar Turun ke Desa-desa Menyapa Warga

Berita Tangerang - Bakal calon bupati Tangerang dari Partai...

Pj Wali Kota Tegaskan Komitmennya Dukung Pengembangan Kompetensi Buruh di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...