Sah Bergelar Doktor! Arief R. Wismansyah Paparkan Disertasi Smart City di Hadapan Penguji Luar Negeri Unhas

Date:

Arief R. Wismansyah dinyatakan lulus program doktoral Unhas dengan disertasi soal smart city. (FOTO: Istimewa)

Berita Tangerang – Wali Kota Tangerang dua periode, 2013-2018 dan 2018-2023, Arief R. Wismansyah resmi menyandang gelar doktor setelah menjalani sidang terbuka promosi doktor pada pada Program Doktor Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 13 Mei 2024.

Arief yang saat ini bakal maju menjadi bakal calon gubernur Banten 2024-2029, memaparkan outline disertasi dalam bahasa Inggris dengan judul: “Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Pengembangan Smart City Kota Tangerang”.

Sidang diketuai langsung oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Bertindak selaku promotor adalah Prof Dr Abdul Rahma Kadir, SE, MSI dengan Co Promotor yakni Prof Ir Sumbangan Baja M. Phil, Ph. D serta Prof Dr Muhammad Yunus Amar, SE. MT.

Dalam kesempatan ini, pihak Unhas turut menghadirkan penguji eksternal dari UNITAR International University Malaysia yakni Prof Dr Noor Raihan Ab Hamid BSC.

Di hadapan penguji, Arief memaparkan pengalaman membangun Super Apps dengan nama Tangerang LIVE yang begitu dikenal masyarakat selama memimpin Kota Tangerang. Hal itu dibuktikan dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta dari masyarakat.

Penguji sempat bertanya kepada Arief terkait kekhasan aplikasi Tangerang LIVE dibanding aplikasi serupa. Arief menyampaikan bahwa aplikasi Tangerang LIVE adalah aplikasi sudah terintegrasi sehingga penggunanya tidak perlu mengunduh lagi jika ingin menginginkan layanan tertentu.

“Misalnya untuk saran pengaduan ada namanya Laksa (Layanan Aplikasi Kotak Saran Anda), demikian juga untuk mencari pekerjaan dan lain sebagainya,” ucapnya.

Selain untuk kepentingan masyarakat, aplikasi itu juga bisa dipakai buat urusan internal kepegawaian sehingga mempunyai beragam fungsi.

Dia juga mengungkapkan bahwa aplikasi ini banyak direplikasi oleh pemerintah daerah lain tanpa dipungut biaya atau gratis. Hal ini tentu saja sebagai bentuk kolaborasi antar daerah Kota Tangerang dengan daerah lainnya.

“Jadi jika daerah lain ingin memanfaatkan aplikasi ini kita berikan secara gratis. Bahkan kita juga siapkan operator untuk menginstal dan melatihnya,” ujarnya.

Setelah kurang lebih satu jam sesi tanya jawab Arief kemudian dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor.

Ucapan selamat langsung diterima Arief dari Rektor Unhas selaku ketua sidang juga Dekan FEB Unhas sebagai promotor. Sidang disertasi ini disebutnya yang pertama kali dipimpin langsung oleh rektor.

Ucapan selamat kepada Arief juga disampaikan oleh sejumlah akademisi di Kota Tangerang, di antaranya adalah dari Rektor Unis Tangerang Prof Mustafa Kamil serta Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unis Tangerang, Dr Asep Ferry Bastian.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Campur Aduk Perasaan Awinah Saat Dapat Hadiah Umrah dari Moch. Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Usia Awinah sudah mulai memasuki senja....

Bakal Calon Bupati Tangerang 2024 Mad Romli Makin Gencar Turun ke Desa-desa Menyapa Warga

Berita Tangerang - Bakal calon bupati Tangerang dari Partai...

Pj Wali Kota Tegaskan Komitmennya Dukung Pengembangan Kompetensi Buruh di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...