Turunkan Pengawas Lakukan Pendampingan, Cara Dindikbud Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Pendidikan

Date:

Dindikbud Kabupaten Serang melakukan pembinaan kepada kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Serang. (FOTO: dindikbud.kabserang.go.id)

Berita Serang – Untuk meningkatkan pelayanan pendidikan, sejumlah upaya telah ditempuh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Dindikbud Kabupaten Serang. Salah satunya dengan cara menurunkan pengawas Sekolah Dasar (SD) untuk melakukan pendampingan kepada kepala sekolah SD.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya, kepada wartawan di Kabupaten Serang belum lama ini.

Menurut Asep, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang selalu menekankan bahwa pendidikan menjadi salah satu faktor kemajuan sebuah daerah. Karena itu, Dindikbud Kabupaten Serang terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas guru dan prestasi peserta didik.

“Pembinaan dan pelayanan maksimal terus digencarkan, salah satunya pada satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Serang yang saat ini berjumlah 740 SD. Terdiri dari 707 SD negeri dan 33 SD swasta,” kata Asep.

Sejauh ini, lanjut Asep, pihaknya terus melakukan pembinaan pelayanan pendidikan, baik layanan terhadap peserta didik, kepala sekolah, maupun guru dan tenaga pendidikan secara berjenjang.

“Seperti pendampingan kepala sekolah oleh pengawas SD yang saat ini sudah memiliki 60 pengawas SD, di setiap kecamatan terdapat 2 pengawas,” ungkapnya.

Dikatakan Asep, fungsi dan peran pengawas ini cukup besar, mulai dari penyusunan dan pelaksanaan program sekolah, hingga monitoring kegiatan di sekolah.

“Pelayanan pendidikan tidak hanya dilakukan pada peningkatan sarana prasarana pendidikan saja. Akan tetapi, juga pada kesiapan tenaga pendidik dalam menyelenggarakan pendidikan berkualitas,” bebernya.

“Oleh karena itu, Dindikbud melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik itu melalui pelatihan secara formal maupun pembinaan secara melekat yang dilakukan melalui para pengawas,” sambungnya.

Asep menambahkan, peningkatan SDM itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Serang.

“Sehingga pada akhirnya akan memberikan pendidikan terbaik kepada para penerus bangsa,” pungkasnya. (ADV)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pesan Pengarang ‘Istikharah Cinta’ untuk Millenials di Kota Tangerang: Beranilah Melahirkan Karya!

Berita Tangerang - Kaum millenials di Kota Tangerang, terutama...

Ketika Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar Se-Kabupaten Tangerang Membuat Andi Ony Girang

Berita Tangerang - Kegiatan invitasi olahraga tradisional tingkat SD/MI,...

Ada Layanan Shutle Car, Pengunjung dan Pasien RSUD Kota Tangerang Bisa Diantar Jemput Gratis

Berita Tangerang - Terobosan pelayanan terus dilakukan manajemen Rumah...

Al Muktabar: Bank Banten Akan Ambil Seluruh Instrumen Perekonomian di Banten

Berita Banten - Bank Banten di masa yang akan...