Lagi, Gapensi Peduli Bangun Rumah Reot Janda Tua di Cilangkap Lebak  

Date:

Tim renovasi Gapensi Peduli saat meninjau dan mengirim material pembangunan rumah Asmaniah (55) janda tua yang tinggal seorang diri di Kampung Pasir Gebang, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar. (BantenHits.com/Fariz Abdullah).

Lebak- Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Lebak kembali menggalakan program Gapensi Peduli, Selasa, 29 Januari 2020.

Setelah sukses membangun rumah pasutri penjual jagung rebus di Desa Cisangu, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, saat ini program yang digagas Moch. Nabil Jayabaya itu kembali membangun rumah tidak layak huni di Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar.

Ditempati Asmaniah (55) Janda tua sebatang kara, rumah berukuran 3×3 yang terbuat dari bilik itu akan disulap Gapensi Peduli menjadi sebuah rumah layak huni.

Kepada BantenHits.com, Nabil mengaku terenyuh saat mendengar dan melihat langsung kondisi rumah yang ditempati Asmaniah di Kampung Pasir Gebang, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak.

Ironinya, janda tua yang tinggal hanya seorang diri itu tak memiliki KTP ataupun Kartu Keluarga (KK) sehingga tak pernah tersentuh bantuan apapun baik dari pemerintah desa, daerah, provinsi maupun pusat.

“Sekarang beliau (Asmaniah) sakit-sakitan. Bagaimana tidak, dia tinggal sendiri di rumah yang gelap tanpa listrik dan tak ada toilet. Segala sesuatunya itu dilaksanakan di saung reotnya itu,”kata Nabil.

Nabil mengaku akan mulai melakukan renovasi atau pembangunan rumah Asmaniah pada Rabu, 29 Januari 2020.

“Hari ini kita kirim material ke lokasi (rumah Asmaniah), besok kita eksekusi untuk dilakukan pembangunan,”terang pencetus Bill Group ini.

Pria yang dikenal sebagai sosok dermawan ini berencana akan membangunkan rumah layak huni berukuran 4×4 beserta dengan kamar mandi.

“Kita coba bangun ukuran 4×4 beserta kamar mandi dan pengairannya (zetpump). Kita ingin Asmaniah ini bisa tinggal di rumah yang layak dan bersih. Apalagi hanya seorang diri jadi akan kita maksimalkan,”ungkapnya.

Putra tokoh pembangunan Lebak ini juga meminta pemerintah desa untuk bergerak mengurus administrasi kependudukan Asmaniah.

“Kita (Gapensi) usulkan ke Pemdes agar mau mengurus administrasi kependudukan seperti E-KTP ataupun KK milik Asmaniah,”tandasnya.

Baca Juga: Tangis Haru Pasutri Penjual Jagung Rebus di Cibadak Lebak saat Rumah Reotnya Rampung Dibangun Gapensi

Sementara Asmaniah mengucapkan banyak terimakasih telah diperhatikan Gapensi Lebak karena membangunkan rumah. Ia mengaku telah bertahun-tahun menempati rumah reot yang berukuran 3X3 itu.

“Terimakasih, tadinya mah ini rumah kalau hujan bocor, listrik juga mati,”ucapnya.

Untuk diketahui Asmaniah (55) merupakan pribumi asal Kampung Pasir Gebang, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar.

Asmaniah merupakan janda tua yang tak punya anak. Kedua orang tuanya Antarja dan Muhanah telah meninggal puluhan tahun silam. Asmuni adik dari Asmaniah pun terkesan tak peduli dan lebih memilih tinggal di wilayah Kabupaten Tangerang.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...