Dari Satu Juta, KPU Kab. Serang Baru Berhasil Lipat 500 Ribu Surat Suara

Date:

Puluhan pekerja sedang melipat suara suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Serang. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang – Memasuki H-8, progres pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Serang, baru mencapai sekitar 500 ribu lembar.

Sementara surat suara yang dibutuhkan sekitar 1.132.717 lembar, berdasarkan acuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah direkapitulasi oleh pihak KPU Kabupaten Serang.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menyebutkan, saat ini yang sudah terlipat sekitar 500 ribu lembar. Artinya, surat suara tinggal setengah lagi.

“Insya Allah dua hari ini selesai. Kita agendakan tanggal 3 Desember selesai,” kata Abidin kepada awak media di Gudang Logistik KPU Kabupaten Serang, yang bertempat di Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Selasa, 1 Desember 2020.

Sedangkan, kata Abidin, surat suara yang rusak sekitar 250 lembar. Hal itu terdiri dari buram, bercak, sobek, dan kusut.

Abidin juga mengaku, dari hasil penyortiran dan pelipatan ini memang ada beberapa surat suara yang rusak. Meski demikian, KPU akan meminta kepada pihak penyedia (surat suara) untuk diganti dengan yang baru.

“Nah yang rusak ini akan kita musnahkan dan diganti dengan surat suara yang baik sesuia dengan prosedur dan standar,” ujar pria itu.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Pranomo Ubaid Tanthowi mengatakan, jikalau surat suara yang rusak hal yang pasti, sebab ada proses penyortiran. Sementara kerusakannya itu adq beberapa faktor penyebab, biasanya karena sobek, berlubang, buram dan banyak lagi kategorinya.

“Surat suara yang dikembalikan itu kategori rusak. Itulah yang dimintakan kembali ke pabrik (penyedia suart suara, red) dan memberi tanggung jawab kepada penyedia untuk melengkapi, memenuhi kekurangan surat suara yang rusak tadi tanpa biaya tambahan,” ungkapnya.

Pranomo melihat kesiapan logostik Pilkada Kabupaten Serang bahwa seluruh persiapan logistik, baik perlengkapan pemungutan suara, perlengkapan APD dan perlengkapan lainnya sudah terpenuhi dan telah siap menyelenggarakan pemilihan pada tanggal 9 Desember mendatang.

Editor: Fariz Abdullah 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...