Komite Lotte Project 3 Wilayah Salurkan TJSL kepada Warga

Date:

Komite Lotte Project 3 Wilayah berfoto bersama perwakilan warga seusai menyalurkan dana tanggungjawab sosial lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di tiga wilayah. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Komite Lotte Project 3 Wilayah yang terdiri dari kumpulan para pengusaha lokal di Rawa Arum, Gerem, dan Warnasari secara simbolik menyalurkan dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat. 

Dana TJSL itu disalurkan kepada masyarakat di tiga wilayah tersebut dalam acara ramah tamah yang diselenggarakan di sekretariat Komite Lotte Project 3 Wilayah yang berlokasi di Jalan Mayjen Soetoyo, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa, 26 Juli 2022.

Diketahui, Komite 3 Wilayah itu terbentuk pada 10 Juni 2022 lalu. Komite itu dibentuk atas dasar aspirasi dan keinginan kolektif masyarakat wilayah terdampak project pengembangan PT Lotte Chemical Indonesia (LCI). 

“Ya intinya kita, komite ini dibentuk dalam rangka bisa memaksimalkan bagaimana investasi ini betul-betul berdampak pada masyarakat, apakah sebagai CSR, tenaga kerja dan juga peluang usaha,” kata Ketua Koordinator Komite Lotte Project 3 Wilayah, Edi Haryadi kepada wartawan. 

Edi mengungkapkan, Komite Lotte Project 3 Wilayah juga membuka diri kepada para pengusaha yang berada di luar Rawa Arum, Gerem dan Warnasari untuk sama-sama berkontribusi dalam pengembangan proyek PT LCI. 

“Kami di lokal ini menyadari kekurangan kami terkait kesiapan-kesiapan secara administrasi, permodalan dan lain sebagainya sehingga kita membuka diri kepada siapapun pengusaha. Jadi kalau menganggap bahwa komite ini anti terhadap pengusaha di luar tiga wilayah sekarang sudah banyak subcon tuh dari Korea dari mana, buktinya masuk apalagi pengusaha Cilegon,” ungkapnya. 

Di tempat yang sama, salah satu pengusaha asal Rawa Arum yang juga anggota Komite Lotte Project, Husen Saidan menyebut bahwa dana TJSL yang disalurkan oleh komite merupakan janji para pengusaha di tiga wilayah tersebut kepada masyarakat manakala mendapat suatu pekerjaan dari PT LCI. 

“Dana TJSL tersebut merupakan kontribusi yang diberikan oleh para perusahaan lokal yang berdomisili di Rawa Arum, Gerem dan Warnasari yang mana perusahaan-perusahaan tersebut sudah mulai menjalankan aktifitas usahanya di proyek Lotte sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat,” ujarnya. 

Sementara, nilai dana TJSL yang disalurkan kepada masyarakat di tiga wilayah itu, kata Husen, Komite Lotte Project 3 Wilayah berkomitmen untuk menyisihkan 2,5 persen secara berkesinambungan dari nilai pekerjaan. 

“Kalau kami janjinya selama kami melaksanakan kegiatan di Lotte, artinya secara berkesinambungan baik progres pembangunan sekarang maupun nanti setelah berjalan. Selagi kami masih dipercaya oleh PT Lotte kami akan memberikan kontribusi 2,5 persen itu wajib kepada masyarakat,” ucapnya. 

Selain menyalurkan dana TJSL, Komite Lotte Project 3 Wilayah juga berfokus pada upaya penyerapan tenaga kerja lokal. Tercatat, berdasarkan data sementara serapan tenaga kerja saat ini yang sebarannya masih dikonsentrasikan pada tiga wilayah terdampak yaitu Rawa arum 54 orang, Gerem 46 orang, dan Warnasari 48 orang. 

“Seiring dengan meningkatnya aktivitas project dikemudian hari, maka komite meyakini serapan tenaga kerja ini akan juga ikut bertambah dan sangat mungkin sebaran wilayah serapannya pun semakin luas,” kata Husen. 

Pada kesempatan itu juga, Komite Lotte Project 3 Wilayah mengapresiasi PT LCI, Main Contractor (PT Hein Global Utama dan Kine Project JO) serta para sub kontraktornya yang selama ini sudah berkomunikasi dan membangun atmosfer positif.

“Hal tersebut merupakan modal penting agar bagaimana terciptanya harmonisasi sehingga pertumbuhan pengusaha lokal bisa terlaksana dan turut serta berkontribusi dalam upaya pembangunan masyarakat Cilegon pada umumnya dan masyarakat tiga wilayah terdampak pada khususnya, sehingga iklim investasi dapat berdampak positif, kondusif dan ramah lingkungan,” tandas Husen.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...