Coming Soon! Pendataan Rumah Terdampak Bencana di Lebak Bakal Pakai Aplikasi

Date:

FOTO ILUSTRASI. Salah satu rumah warga yang rusak disapu angin puting beliung. (Istimewa)

Berita Lebak– Pendataan rumah terdampak bencana alam di Kabupaten Lebak direncanakan akan menggunakan aplikasi. Artinya, tidak lagi perlu proses verifikasi dan validasi (Verval).

Kabarnya, kebijakan itu tengah digarap oleh pemerintah pusat. Tujuannya agar proses pendataan bisa dilakukan dengan cepat dan akurat.

Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama menyebut, aplikasi pendataan rumah terdampak bencana itu dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

“Jadi nanti enggak perlu lagi verval, karena Kementerian PUPR punya aplikasi Rutena (rumah terdampak bencana),” kata Febby usai rapat bersama BNPB, Dinas Perkim dan BPBD Banten dan Pandeglang saat dihubungi, Jumat, 20 Januari 2023.

Pendataan secara manual, sambung Febby, masih sering ditemukan salah data, salah nama dan subyektivitas dalam penilaian kerusakan merupakan kendala umum yang dihadapai pemerintah.

Dikatakan Febby, aplikasi tersebut nantinya akan bisa digunakan oleh BPBD dan Dinas Perkim di daerah. Aplikasi Rutena diharapkan supaya penanganan rumah pasca bencana bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.

“Sekarang sedang disusun nota kesepahamannya dengan Kemendagri bersama Dinas Perkim dan BPBD daerah. Kalau aplikasi ini bisa lebih cepat tentu sangat membantu,” ujar dia.

Lebih lanjut diharapkan Febby, alur koordinasi juga penting dimantapkan lantaran rentang komando di Kementerian PU yang dianggap terlalu jauh.

“Jadi ke depan balai perumahan yang ada di provinsi bisa terlibat lebih jauh sebagai kepanjangtanganan kementerian,” kata Febby.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...