Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Date:

Mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany saat menjadi pembicara seminar Hari Ibu di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Kamis, 22 Desember 2022. (Foto: Istimewa/ Dok. Tim Media Airin dikirim untuk BantenHits.com)

Berita Banten – Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota Legislatif atau Caleg DPR RI dengan perolehan suara paling banyak melampaui seluruh Caleg DPR RI se-Banten berdasarkan real count KPU hingga Senin pagi, 19 Februari 2024.

Pantauan BantenHits.com, data real count KPU sudah masuk hampir 50 persen persisnya 43,75 persen. Data masuk berasal dari 7.754 dari total 188.015 TPS di Banten. Berdasarkan data sementara itu, Airin sudah memperoleh suara 68.312.

Jumlah perolehan suara sementara mantan wali kota Tangsel dua periode tersebut melampaui jauh seluruh caleg yang ada di provinsi berjuluk Tanah Seribu Kiai dan Sejuta Santri ini.

Jumlah perolehan suara Airin hanya mampu didekati Caleg DPR RI dari PKS, Habib Idrus Salim Al Jufri yang memperoleh 51.208 suara. Habib dan Airin sama-sama berasal dari daerah pemilihan atau Dapil Banten III, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel.

Pada posisi terbanyak ke tiga berdasarkan real count KPU itu, ditempati Caleg DPR RI dari Dapil Banten I yang meliputi Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, Rizki Aulia Rahman Natakusumah. Anak muda yang merupakan Anggota DPR RI 2019-2024 dari Partai Demokrat ini memperoleh 44.768 suara.

Wahidin Halim Dikalahkan Nama Baru

Sementara itu, data yang sama menunjukkan perolehan suara mantan Gubernur Banten, yakni Wahidin Halim tampak dilampaui oleh nama-nama baru. Wahidin sementara ini hanya memperoleh 31.618 suara.

Di sesama Dapil Banten III, dua Caleg DPR RI dari Partai Demokrat yakni Zulfikar Hamonangan dan M. Nawa Said Dimyati terlihat berhasil mengalahkan perolehan suara Wahidin Halim. Zulfikar sejauh ini memperoleh 41.039, sementara M. Nawa Said memperoleh 41.163 suara.

Suara Wahidin Halim juga kalah dari Rano Karno, politisi PDIP yang sama-sama mantan Gubernur Banten. Rano diketahui memperoleh 43.420 suara. Wahidin dan Rano Karno sama-sama berasal dari Dapil Banten III.

Jumlah peroleh Wahidin Halim yang kali ini maju dari Partai NasDem, bahkan berselisih cukup jauh dengan caleg DPR RI dari Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad yang sama-sama berasal dari Dapil Banten III. Sufmi terlihat memperoleh suara 37.266 suara.

Di Dapil Banten III ini, suara Wahidin Halim juga kalah oleh tiga Caleg DPR RI dari PAN, Muhammad Rizal, Muhammad Dwiki Ramadhani, dan Okta Kumala Dewi. Muhammad Rizal diketahui memperoleh 36.848, Muhammad Dwiki 33.682, dan Okta Kumala Dewi, 33.909.

Suara Wahidin Halim juga rawan dikalahkan oleh mantan rekan separtainya dulu di Partai Demokrat, yakni bupati Lebak dua periode, Iti Octavia Jayabaya.

Iti, perempuan yang dikenal eksentrik ini diketahui maju dari Dapil Banten I dan sementara ini berhasil meraih 29.522 suara.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...