Sapu Bersih! Polisi Turun ke Masjid-masjid dan Musala di Kota Tangerang

Date:

Polisi RW saat membersihkan masjid di Kota Tangerang. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Kota Tangerang – Masjid-masjid dan musala di Kota Tangerang jadi sasaran aksi para personel Polres Metro Tangerang Kota, Selasa, 21 Maret 2023.

Aksi para Prajurit Bhayangkara kali ini bukan dalam rangka menegakkan hukum, tapi menjadikan rumah ibadah umat Muslim bersih dan kinclong sehingga nyaman digunakan, terlebih menjelang masuknya bulan Ramadan 1444 H.

Mereka bekerja bakti membersihkan masjid. Personel yang diturunkan adalah Polisi Rukun Warga atau Polisi RW.

Masjid-masjid musala yang berada di pusat kota hingga pelosok pemukiman warga semua dibersihkan.

Seperti yang terpantau di Masjid Jami Nurul Huda yang berada di tengah pemukiman padat penduduk di RW 04, Kelurahan Sudimara Timur, Kota Tangerang.

‘Bersenjatakan’ sapu, kain pel, selang, ember serta peralatan pembersih ruangan, petugas berseragam coklat ini, terlihat sangat sigap membersihkan setiap sisi masjid.

Pelaksana Harian Kepala Satuan (Plh Kasat) Polres Metro Tanggerang Kota, Kompol Reza Pahlevi, mengaku mendapatkan perintah langsung dari Kapolres Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho untuk membuat aman dan nyaman masjid yang akan digunakan warga selama bulan Ramadan 2023.

“Pertama, kehadiran Polisi RW sejatinya bukan hanya membuat suasana aman namun juga senantiasa menciptakan atmosfer teduh, sejuk dan nyaman bagi masyarakat, salah satunya dengan turut menjaga kebersihan,” kata Reza, Selasa 21 Maret 2023.

Sesuai arahan Kapolres, lanjut Reza, segenap insan Bhayangkara yang bertugas sebagai Polisi RW, konsisten menjaga keamanan dan kenyamanan warga khususnya selama bulan suci Ramadan.

Melihat Polisi RW yang tak sungkan menyingsingkan lengan baju dan menggulung tinggi celana saat membersihkan masjid, beberapa warga langsung berbaur, membantu petugas untuk membersihkan tempat ibadah satu-satunya bagi ratusan umat Muslim di RW 04, Kelurahan Sudimara, Timur Kota Tangerang dan sekitarnya ini.

“Dibantu pengurus masjid dan warga sekitar, kami yang ditemani Kanit Bin Kamsa AKP. Setiyo dan anggota Unit Binkamsa Polres Metro Tangerang Kota dapat lebih cepat membersihkan masjid sehingga tidak mengganggu waktu salat,” jelasnya.

“Seperti yang Bapak Kapolres katakan, kami berharap gerakan ini membentuk kultur dan ekosistem yang baik di lingkungan warga. Satu hal yang harus di ingat, kebersihan adalah sebagian dari iman,” imbuhnya.

Ketua RW 04, Kelurahan Sudimara Timur, Kota Tangerang, Anto Gaeg, mengaku warganya sangat senang dengan inisiatif Polres Metro Kota Tangerang, yang membersihan masjid di lingkungan mereka.

“Terimakasih Pak Kapolres, warga senang, Insya Allah warga semakin khusyuk beribadah karena aman dan masjidnya kinclong banget,” ucapnya.

Untuk diketahui, Polres Metro Tangerang Kota mengukuhkan 1.320 personel sebagai Polisi RW untuk lebih dekat dengan masyarakat, mendengar, mencatat untuk mencari solusi bersama terkait permasalahan kamtibmas.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...