Membaca Tanda pada Momen Penuh Tawa Jokowi dengan Prabowo di Malaysia hingga Prabowo Full Senyum Usai Dipanggil ke Istana

Date:

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tersenyum bersama di Malaysia. (FOTO: detik.com/Dok. Istimewa)

Berita Jakarta – Momen penuh tawa Presiden Republik Indonesia dengan sejumlah menteri-menterinya mewarnai kunjungan Jokowi di Malaysia, Rabu-Kamis, 7-8 Juni 2023.

Dalam video yang beredar, tampak gelak tawa Jokowi dengan menteri-menterinya itu pecah saat Jokowi berbincang akrab dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto yang turut bersama rombongan menteri lainnya dalam kunjungan itu.

Sehari seusai kunjungan di Malaysia, Jokowi memanggil Prabowo ke Istana Negara, Jumat sore, 10 Juni 2023. Tak diketahui isi pembicaraan di antara keduanya.

Desas-desus ada yang menyebut, Jokowi memanggil Prabowo untuk meminta penjelasan Prabowo soal Proposal Perdamaian untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina yang belakangan heboh dperbincangkan. Namun, ada juga yang mengaitkan pertemuan keduanya membahas soal Pilpres 2023. Lalu apa kata Partai Gerindra soal pertemuan Jokowi-Prabowo ini?

Senyum Semringah

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut ketua umumnya tersenyum usai pertemuan dadakan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Jumat sore, 9 Juni 2023 itu.

“Sepulang dari Istana, beliau senyum-senyum dan tertawa,” kata Muzani saat ditemui di GOR Otista, Jakarta Timur, Sabtu, 10 Juni 2023 dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Namun menurut Muzani, saat ditanya perihal pembahasan yang dilakukan dengan Jokowi, Prabowo enggan untuk membeberkannya.

“Ada deh, gitu, katanya,” tambah Muzani.

Dia sempat menanyakan juga kepada Prabowo mengenai kemungkinan Jokowi mendukung Menteri Pertahanan itu untuk memenangkan Pilpres 2024.

“Jawabannya, ‘lu mau tau saja’, begitu katanya,” ungkap Muzani.

“Jawaban itu disampaikan beliau dengan sumringah, dengan senyum, dan dengan suasana rileks,” tambah dia.

Muzani menilai reaksi Prabowo itu menunjukkan sinyal positif perihal Pemilu 2024 dari pertemuan Prabowo dengan Jokowi kemarin.

Percaya Nakhoda hingga Pilpres ‘Kumaha Engke’

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto (Foto: BPMI_Setpres/ fajar.co.id)

Kembali ke momen kunjungan Jokowi bersama sejumlah menteri termasuk Prabowo yang diwarnai gelak tawa di Malaysia. Ternyata, selain momen ketawa-ketawa bersama Jokowi, Prabowo juga sukses bikin ngakak para menteri lainnya yang ikut dalam rombongan itu.

Hal tersebut dapat dilihat dari video yang beredar di sejumlah media sosial. Dalam video tampak sejumlah menteri yang mendampingi Presiden Jokowi ke Malaysia terbahak-bahak saat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berguyon soal Pilpres 2024.

Cerita bermula ketika Prabowo duduk semeja dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Mendagri Tito Karnavian, Mensesneg Pratikno, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Mendag Zulkifli Hasan, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Bahlil sempat membujuk Prabowo untuk berfoto. Namun, Prabowo menolak karena harus duduk di kursi tengah.

“Enggak, Pak, foto-foto. Kursi, Pak, kami foto di belakang Bapak, Pak,” ucap Bahlil sambil menarik-narik lengan Prabowo.

“Sekarang ini, ini Menko (Polhukam Mahfud MD) atasan saya. Kualat lo ini,” ucap Prabowo.

“Tahun depan kumaha engke (red: bagaimana nanti),” celetuk Prabowo disertai tawa para menteri.

Bahlil juga melontarkan guyonan di meja itu. Dia menyebut Prabowo sengaja dipanggil ke Kuala Lumpur untuk membahas “koalisi permanen”.

Prabowo menanggapi guyon Bahlil dengan serius. Ia berkata masih memegang prinsip sebagai tentara.

“Sebagai mantan tentara ya, keep it simple, benar, enggak? Kalau kita sudah gabung dalam satu kapal, sudah percaya sama nakhoda sajalah,” ucapnya.

Zulhas menimpali, “Paling enak itu, Pak. Udah ngapain mumet-mumet?”

Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden BeyMachmudin mengonfirmasi momen dalam video itu.

Bey mengatakan para menteri berkumpul di restoran tempat Jokowi menginap di Kuala Lumpur, Kamis pagi, 8 Juni 2023. Mereka sedang menunggu keberangkatan.

“Ini pagi tadi, ketika para menteri bersiap untuk pergi dengan Bapak Presiden ke kediaman PM Malaysia,” ucap Bey melalui pesan singkat, Kamis, 8 Juni 2023 seperti dilansir CNNIndonesia.com.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sstt… Bakal Ada Mobil Wasgakum Dilaunching di CFD, Hadir Yuk!

Berita Tangerang - Masyarakat Kota Tangerang diminta datang dan...

Edukasi Jadi ‘Jurus’ Penting untuk Atasi Stunting Sebelum Genting

Berita Tangerang - Penanganan stunting bukan hanya soal kesehatan...

Dear Warga Banten, Ubahlah Mindset! Kalian Adalah Jawara-jawara Berdaya Saing di Bidang Masing-masing!

Berita Tangerang - Provinsi Banten memiliki daya saing yang...