Rakor Terbatas dengan Menteri-menteri, Al Muktabar Paparkan Langkah Pemprov Banten Tangani Polusi

Date:

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat, 25 Agustus 2023. Al Muktabar memaparkan langkah-langkah teknis yang dilakukan Pemprov Banten untuk menekan polusi. (FOTO: bantenprov.go.id)

Berita Banten – Berbagai langkah teknis telah dilakukan Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten untuk menekan polusi dan peningkatan kualitas udara di Banten.

Langkah-langkah tersebut di antaranya uji emisi kendaraan bermotor, imbauan ke industri agar menggunakan penyaring cerobong asap, hingga surat edaran Work From Home (WFH) di Tangerang sebagai wilayah aglomerasi DKI Jakarta.

Demikian diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat, 25 Agustus 2023.

Rapat terkait dengan peningkatan kualitas udara di wilayah Jabodetabek ini digelar Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. Hadir dalam acara tersebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian; Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono; Wakil Menteri BUMN, Rosan Perkasa Roeslani; sertabbeberapa pejabat Utama Kementerian dan Lembaga serta Kakorlantas Polri.

Al Muktabar mengungkapkan, Rakortas ini merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu. Pemprov Banten sendiri sudah melakukan berbagai langkah teknis dalam rangka peningkatan kualitas udara sebagaimana yang diarahkan dalam beberapa Rakortas sebelumnya.

“Termasuk himbau berupa Surat Edaran (SE) WFH kepada Bupati dan Walikota yang berada di wilayah aglomerasi seperti Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), terutama bagi pegawai Pemerintah dan BUMD,” kata Al Muktabar melalui keterangan resmi.

Selain itu, bagi dunia usaha serta swasta, Al Muktabar mengimbau agar melakukan kegiatan yang dapat mengurangi aktifitas yang bersifat mobile menggunakan alat transportasi yang menggunakan bahan bakar energi fosil yang kita semua sedang menggiatkan untuk pengurangan itu.

“Pemprov sudah menyosialisasikan dan mengimbau kepada industri agar menggunakan penyaring pada cerobong-cerobong asap buangnya sesuai dengan rekomendasi yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Kemudian, tambah Al Muktabar, Pemprov Banten juga tengah gencar melakukan uji emisi kepada kendaraan-kendaraan yang bekerjasama dengan Kepolisian, baik tingkat Polda Banten maupun Polda Metro Jaya.

“Kita akan terus giatkan itu. Apalagi dalam waktu dekat ada agenda ASEAN Summit,” ucapnya.

Dijelaskan Al Muktabar, Menko Perekonomian juga akan melakukan evaluasi terhadap progres program yang sudah dilakukan dalam upaya itu. Laporannya nanti dalam bentuk data, berapa jumlah industri/pabrik yang sudah mengikuti imbauan, jumlah totalnya berapa, bagaimana efektivitasnya.

“Ada juga yang akan kita laporkan perhatian, seperti titik mana saja yang sudah ada perkembangan peningkatan kualitas udaranya,” ucapnya.

Dikatakan Al Muktabar, secara garis besar Pemprov Banten sudah siap menjalankan segala arahan Presiden Joko Widodo kaitannya dengan peningkatan kualitas udara itu.

“Kita akan terus kompak bersama seluruh Forkopimda serta para Bupati dan Wali Kota menangani hal ini,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...