Tembok-tembok Kumuh Sepanjang Islamic – Legok Akan ‘Di-Make Over’ lewat Aksi Seniman Mural dari Lima Negara

Date:

Tembok-tembok kumuh di sepanjang Islamic – Legok akan ‘di-make over’ lewat aksi seniman mural dan grafiti dari lima negara. (FOTO ILUSTRASI: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Tembok-tembok kumuh di sepanjang Jalan Raya Legok, mulai dari Pertigaan Islamic hingga Legok, akan menjadi ajang unjuk kreasi para seniman mural dan grafiti.

Para seniman itu akan beraksi lewat perhelatan akbar bertajuk The Epicentrum Art Festival yang digelar 10 September 2023 mendatang.

Event itu rencananya akan diramaikan seniman mural dan grafiti dari lima negara. Empat dari lima seniman mancanegara telah mengonfirmasi kehadirannya, yakni Malaysia, Thailand, Filipina dan Korea. Sementara seniman asal Ukraina masih menunggu konfirmasi.

Rehabilitasi Jalan

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memaparkan rencana Pemkab Tangerang untuk merehabilitasi dan mempercantik Jalan Raya Legok, sepanjang Islamic sampai Legok. Jalan tersebut akan direhabilitasi dengan konstruksi cor dan temboknya akan dihiasi seni mural dan grafiti yang melibatkan Seniman dari lima negara. Pemkab juga akan membangun pedestrian di sepanjang jalan itu. (Foto: tangerangkab.go.id)

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat menerima audensi panitia festival The Epicentrum Art Festival di Pendopo Bupati, Jumat, 25 Agustus 2023 mengatakan, event itu merupakan salah satu upaya Pemkab Tangerang untuk merehabilitasi jalan rusak dan mempercantiknya.

“Empat dari lima artis mural dan grafiti dari Malaysia, Thailand, Filipina dan Korsel sudah menyatakan akan datang ke Legok untuk melukis di dinding di sepanjang jalan Raya Legok. Kami masih menunggu kepastian kehadiran satu artis dari Ukraina,” kata Zaki melalui laman resmi Pemkab Tangerang.

Jalan rusak rencananya akan direhabilitasi dengan konstruksi cor, lalu tembok-temboknya dipercantik dengan seni mural dan grafiti. Di sepanjang jalan itu juga akan dibangun pedestrian.

“Selain rehabilitasi jalan, nanti akan dilanjutkan dengan pembangunan padestrian. Lalu, tembok sisi kanan dan kiri jalan, akan dipercantik oleh para seniman mural dan grafiti. Nantinya, jalan raya Legok akan menjadi lebih indah dengan gambar dan lukisan mural dan grafiti,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Festival The Epicentrum Art Festival, Mukahfi Solihin mengatakan, festival mural atau lukisan dinding rencananya akan digelar pada  pada tanggal 10 September mendatang dan saat ini persiapannya sudah 80 persen.

“Untuk artis dari Tangerang ada 25 orang, totalnya kurang lebih akan ada 100 artis mural dan grafiti dari Kalimantan, Papua, Ambon, Bukit Tinggi, dan Jambi sudah mengonfirmasi bakal hadir ke Tangerang dan akan melukis di tembok di Jalan Raya Legok,” jelasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Persikota Tangerang Menjaga Asa Masuk Babak 32 Besar Liga 3 Nasional

Berita Sepak Bola - Persikota Tangerang sukses menjaga asa...

Al Muktabar Ingin Gen Z di Banten Produktif dan Visioner, Bagaimana Caranya?

Berita Banten - Generasi Z alias Gen Z di...

Koalisi Besar pada Pilkada Serentak 2024 di Banten Tengah Disiapkan Partai Golkar?

Berita Tangerang - Masifnya pergerakan politik yang dilakukan DPD...

Banten Dicanangkan Jadi Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia

Berita Banten - Provinsi Banten dicanangkan untuk menjadi pusat...