Harga Beras hingga Cabai Rawit di Banten Stabil, Ini Rahasianya!

Date:

Pedagang Cabai Pasar Kranggot
FOTO ILUSTRASI: Pedagang cabai rawit di Pasar Kranggot,, Cilegon. Dok. BantenHits/Iyus Lesmana. 

Berita Banten – Harga 20 komoditi pokok di Banten seperti beras, cabai rawit merah, bawang merah, minyak goreng, telor ayam, dan daging ayam ras hingga saat masih stabil.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Harian (Plh) Sekda Provinsi Banten, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi rutin awal pekan yang dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Kepala Daerah, Senin 6 Mei 2024.

“20 komoditi itu menjadi salah satu fokus pantauan Pemprov Banten karena menyangkut pada kebutuhan pokok masyarakat. Sehingga ketika terjadi fluktuasi harga, berbagai upaya dilakukan,” kata Virgojanti dikutip dari laman resmi Pemprov Banten.

Virgojanti mengungkapkan, harga 20 komoditi pokok tersebut bisa stabil karena Banten sudah terhubung dengan lumbung-lumbung penghasil komoditi tersebut.

“Kita sudah terhubung dengan daerah-daerah champion, makanya ketika pada momen-momen tertentu terjadi peningkatan permintaan, kita langsung berkoordinasi dengan daerah-daerah tersebut,” ucapnya.

Sementara itu untuk inflasi sendiri, lanjut Virgojanti, ada 400 jenis barang yang menjadi pantauan selain dua puluh komoditi barang pokok di atas, seperti ada tambahan transportasi atau harga BBM di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kita terus lakukan koordinasi dengan Kabupaten/Kota untuk bersama-sama menjaga harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mendagri Ungkap Peran Jokowi pada Penunjukkan Al Muktabar Jadi Pj Banten yang Ketiga Kali

Berita Jakarta - Al Muktabar telah dilantik kembali menjadi...

Untuk Pemda yang Masih Pelit sama Informasi, Simak Nih Penjelasan Plh Kapuspen Kemendagri!

Berita Jakarta - Pemerintah Daerah atau Pemda diminta agar...