Koalisi Besar pada Pilkada Serentak 2024 di Banten Tengah Disiapkan Partai Golkar?

Date:

Ketua DPD Golkar Banten dan Ketua DPW PKB Ahmad Fauzi melakukan salam komando. (FOTO: Istimewa)

Berita Tangerang – Masifnya pergerakan politik yang dilakukan DPD Partai Golkar Banten menjelang Pilkada Serentak 2024 di Banten memunculkan spekulasi partai besutan Airlangga Hartarto itu akan membangun koalisi besar .

Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Banten Bahrul Ulum menjawab soal koalisi besar yang disebut-sebut akan dilakukan partainya untuk merebut kursi Banten 1 dan Banten 2.

Menurut Ulum–begitu dia populer disapa–dalam membentuk koalisi pada Pilkada Banten 2024 yang dikedepankan bukan banyaknya partai politik, tetapi dalam pembangunan Banten ke depan dibutuhkan kebersamaan.

“Oleh karena itu, pemerintah daerah dan DPRD ke depan, harus mampun menjawab semua permasalahan pembangunan dengan kesepahaman dan kebersamaan,” jelasnya kepada wartawan di Serang, Ahad, 5 Mei 2024.

“Kita menghadapi tantangan pembangunan yang semakin kompleks. Maka kebersamaan ini menjadi hal utama yang harus diutamakan. Jika ke depan, unsur eksekutif dan legislatif tidak sepaham, dan tidak sejalan, maka keberhasilan pembangunan sulit dicapai,” sambungnya.

‘Geber’ Pertemuan dengan Parpol

Jajaran Pengurus DPD Golkar Banten saat menggelar pertemuan dengan Pengurus DPW PSI Banten. (Istimewa)

Diakui Ulum, menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Banten, DPD Partai Golkar Provinsi Banten memang terus mengintensifkan pertemuan dengan partai politik.

Tercatat sepekan ini, Ketua DPD Golkar Banten dan jajarann ‘mengggeber’ pertemuan silaturahmi dengan enam parpol di Banten.

Pertemuan kekinian dilakukan Golkar Banten dengan empat parpol yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sebelumnya, pertemuan serupa telah digelar
dengan Partai Gerindra dan Partai Demokrat Provinsi Banten.

Lalu, apa yang dibicarakan dalam pertemuan Golkar dengan sejumlah parpol di Banten?

“Tentu paling utama soal pilkada, terkait para calon kepala daerah. Kami punya kader yang sudah diberi penugasan, ada yang sudah terkunci, ada yang cair untuk bisa berpasangan. Lebih dari itu, silaturahmi ini kuat untuk membangun Banten yang lebih baik ke depan,” ungkap Ulum.

Dalam setiap pertemuan, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah hadir langsung didampingi Ulum.

Pertemuan dilakukan terpisah per parpol di salah satu hotel daerah Kota Serang. Hadir Ketua DPW PAN Banten Syafrudin, Ketua DPW PSI Banten Muhammad Hafiz Ardianto, Ketua DPW PKB Banten Ahmad Fauzi, dan Ketua DPW PKS Banten Gembor R Sumedi. Mereka didampingi para pengurusnya.

Menurut Ulum, selain pertemuan antar pimpinan parpol, seluruh kader Partai Golkar yang sudah diberi penugasan menjadi bakal calon kepala daerah, wajib bersilaturahmi.

“Mereka harus bersilaturahmi dan melakukan komunikasi politik dengan pengurus parpol di tingkatan masing-masing. Semua akan kami laporkan ke DPP Partai Golkar,” ujarnya.

Jajaran DPD Golkar Banten saat menggelar pertemuan dengan jajaran DPW PKS Banten. (Foto: Istimewa)

Ketua DPW PKS Banten Gembong R Sumedi membenarkan pertemuan tersebut. Menurutnya, dari silaturahmi dengan Partai Golkar, banyak kemungkinan koalisi yang dilakukan di sejumlah pilkada di Banten.

“Kemungkinan itu, ada di beberapa pilkada, atau semua pilkada. Komunikasi masih cari, dan insya Allah, ada pertemuan selanjutnya yang akan kami lakukan dengan Partai Golkar,” ucapnya.

Ketua DPW PSI Banten Muhammad Hafiz Ardianto mengaku mendapatkan pesan dari Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep agar koalisi pilkada diutamakan dengan parpol yang pernah tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Mungkin agar lebih mudah komunikasinya. Dengan Partai Golkar, komunikasi kami sangat baik di KIM. Namun koalisi di luar KIM pun bisa dilakukan,” ujarnya.

Sementara Ketua DPW PAN Syafrudin mengatakan, PAN dan Golkar punya sejarah panjang dalam koalisi pilkada. Kalau pun ada pilkada tidak bersama, satu sama lain saling memahami.

“Silaturahmi cair, dan koalisi sangat memungkinkan terjadi,” jelasnya.

Ketua DPW PKB Ahmad Fauzi mengatakan, koalisi dengan Partai Golkar di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota terus dilakukan pematangan komunikasi.

“Politik dinamis, kami pun masih dalam proses penjaringan dan para calon kepala daerah yang mendaftar ke PKB telah diundang ta’aruf dengan Ketua Umum PKB,” bebernya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

DKPP Diminta Pecat Seluruh Komisioner KPU – Bawaslu di Lebak dan Pandeglang

Berita Banten - Koordinator Presidium Komite Aksi Himpunan Mahasiswa...

Mendagri Ungkap Peran Jokowi pada Penunjukkan Al Muktabar Jadi Pj Banten yang Ketiga Kali

Berita Jakarta - Al Muktabar telah dilantik kembali menjadi...

Untuk Pemda yang Masih Pelit sama Informasi, Simak Nih Penjelasan Plh Kapuspen Kemendagri!

Berita Jakarta - Pemerintah Daerah atau Pemda diminta agar...