Mengenal Napole, Kuliner dari Kota Tangerang yang Wakili Banten di Lomba Masak Nasional

Date:

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin saat menjelaskan kuliner kota tangerang Napole atau nasi porang daun mangkokan rolade lele yang mewakili Banten dalam Lomba Masak Nasional di Solo, Selasa, 14 Mei 2024. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Napole resmi dikenalkan ke publik melalui ajang Lomba Masak Olahan Pangan Tingkat Nasional dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2024 yang berlangsung di Taman Balekambang, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Selasa, 14 Mei 2024.

Napole merupakan kuliner hasil olahan Tim Penggerak PKK Kota Tangerang. Pada ajang itu, Kota Tangerang sendiri menjadi wakil Provinsi Banten. Lalu, makanan jenis apa napole itu?

Napole merupakan kependekan dari nasi porang daun mangkokan rolade lele.

“Menu masakan olahan pangan yang dihadirkan unik, namanya nasi porang daun mangkokan rolade lele disingkat Napole. Rasanya tidak kalah enak dengan nasi kebuli, nasinya terbuat dari porang sebagai alternatif pengganti pangan dari beras, patut dicicipi,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin melalui keterangan resmi.

Stan lomba Kota Tangerang yang mewakili Banten itu, berkesempatan dikunjungi Ketua TP. PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

Memanfaatkan pangan olahan, lanjut Nurdin, tentunya sejalan dengan program Presiden yaitu diversifikasi pangan dengan melakukan olahan pangan pengganti beras menggunakan umbi-umbian dan lainnya.

“Jadi kita juga mendorong masyarakat agar hal ini bisa menjadi alternatif pangan, sehingga kita tidak ketergantungan dengan beras, tapi bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia yang sangat kaya sebagai substitusi dari beras,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga mengapresiasi Kader PKK Kecamatan Benda yang sudah ikut berpartisipasi mewakili Provinsi Banten dalam rangkaian Peringatan HKG PKK ke-52.

“Nasi yang terbuat dari porang ini enak, yang masaknya hebat, ada juga nasi yang terbuat dari singkong rasanya ngak kalah enak, termasuk Rolade ini bukan dari daging sapi tapi dari ikan lele,” ucapnya

Sementara itu, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, Zuraidiati Nurdin mengungkapkan, Kader PKK Kecamatan Benda ini sebelumnya pernah dilombakan di tingkat Provinsi Banten dan mendapatkan Juara 1 (satu) lomba olahan pangan lokal tingkat Provinsi Banten.

“Sekarang menjadi perwakilan Provinsi Banten dalam lomba olahan pangan lokal tingkat Nasional. Saya berharap kegiatan seperti ini terus berkelanjutan untuk mendukung program-program pemberdayaan masyarakat khususnya di Kota Tangerang,” tukas Zuraidiati.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mendagri Ungkap Peran Jokowi pada Penunjukkan Al Muktabar Jadi Pj Banten yang Ketiga Kali

Berita Jakarta - Al Muktabar telah dilantik kembali menjadi...

Untuk Pemda yang Masih Pelit sama Informasi, Simak Nih Penjelasan Plh Kapuspen Kemendagri!

Berita Jakarta - Pemerintah Daerah atau Pemda diminta agar...