Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Targetkan 24 Ribu SR pada 2024-2025 lewat Program NUWSP, Ini Progressnya!

Date:

Jajaran Direksi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang saat menerima kunjungan dari Technical Assistace Capacity Building Team for Local Government (TACT-LG) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), 14 November 203. Kunjungan dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) Program NUWSP di Kabupaten Tangerang.(FOTO: perumdamtkr.com)

Berita Tangerang – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja atau Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, tengah melakukan pendataan by name by address (BNBA) untuk memenuh target capaian Sambungan Rumah (SR) sebanyak 24.000 SR pada 2024-2025.

Target 24 ribu SR tersebut merupakan program kolaborasi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang melalui National Urban Water Supply Project (NUWSP). Program ini digulirkan untuk peningkatan akses air minum di Kabupaten Tangerang.

Terkait kerjasama ini, pada Selasa, 14 November 2023 lalu, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang telah menerima kunjungan dari Technical Assistace Capacity Building Team for Local Government (TACT-LG) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kunjungan dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) Program NUWSP di Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pusat Perumdam TKR Kabupaten Tangera, Jalan Kisamaun, Nomor, 204, Kota Tangerang.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan TACT LG Kemendagri, Faisal Djufri, Ahmad Firdaus dan Eko Priyo Wicaksono; Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman (Disperkim) Kabupaten Tangerang selaku Ketua DPIU (Unit Pelaksana Program) Kabupaten Tangerang, Bambang Saptho; Direktur Utama (Dirut) Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar; Direktur Teknik (Dirtek) Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Yadi Treviyadi; Direktur Umum (Dirum) Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sani Tora Wicaksono; dan Field Assistant (FA) NUWSP Kabupaten Tangerang, M. Eko Ari Mulyana dan Ridha Gita Nadia.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemantauan progres dan rencana tindak lanjut oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan Perumdam TKR terkait program pendampingan NUWSP.

Kolaborasi pemerintah pusat melalui Kemendagri dengan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang lewat Program NUWSP ini, bertujuan untuk mendukung pembangunan penyediaan air minum perkotaan. Melalui program NUWSP yang telah dituangkan dengan nota kesepakatan ini ditargetkan 24 ribu SR pada 2024-2025.

Selain itu, melalui NUWSP juga dilakukan rencana pembiayaan dana pendukung kegiatan NUWSP yang berasal dari Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Perumdam TKR yang terdiri mulai dari pembebasan lahan, pembangunan reservoir serta pengadaan dan pemasangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) serta Jaringan Distribusi Bagi (JDB) yang akan terkoneksi dengan JDU dari program NUWSP.

Proyek Strategis Nasional

Dirut Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya program pemerintah pusat melalui NUWSP.

“Proyek-proyek Perumdam TKR yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional mendapatkan pendampingan dari Kejaksaan Agung di antaranya Pembangunan Reservoir yang berlokasi di Rajeg,” kata Sofyan melalui laman resmi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang diikutip BantenHits.com, Rabu, 6 Desember 2023.

Sofyan menambahkan, Perumdam TKR saat ini sedang melakukan pendataan By Name By Address (BNBA) untuk rencana pemasangan Sambungan Langganan Baru di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Rajeg nantinya.

Seperti diketahui, pada saat ini Perumdam TKR juga sedang melakukan strategi pemasangan SR baru bagi wilayah-wilayah di Kabupaten Tangerang yang masyarakatnya belum memiliki akses air bersih contohnya di Kecamatan Rajeg dan sekitarnya.

“Berbagai fasilitas diupayakan seperti program promo biaya pasang SR akhir tahun yang mencakup seluruh wilayah pelayanan Perumdam TKR di Kabupaten Tangerang kecuali Wilayah Bumi Serpong Damai (BSD), Cabang Gading Serpong, Cabang Citra Raya, untuk Wilayah Serpong hanya Kecamatan Cisauk dan untuk Wilayah III hanya Kecamatan Kelapa Dua,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dirtek Perumdam TKR Yadi Treviyadi juga menyampaikan, bahwa progres kegiatan non publik yaitu pengadaan dan pemasangan pipa transmisi dari Cikokol menuju Rajeg hingga pertengahan November 2023 sudah mencapai 98,80%.

“Pipa yang belum terkoneksi, hanya ada dua titik yaitu di Jalan M Toha dan Jalan Subandi”, ungkap Yadi.

“Saat ini progres sedang persiapan untuk Reaming dan Pullback ± 100 meter. Setelah itu dilakukan hydrotest, flushing dan sebagainya. Ditargetkan akhir November 2023 kegiatan non publik ini selesai,” imbuhnya. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...