Mahasiwa di Banten Diajak Menyusun Perencanaan Pembangunan

Date:

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar meninjau LK II HMI Cabang Pandeglang, Rabu, 9 Mei 2024. Pada kesempatan itu Al Muktabar mengajak mahasiswa di Banten terlibat dalam perencanaan pembangunan. (FOTO: Dok.Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Pemprov Banten)

Berita Banten – Mahasiswa di Banten diajak untuk berperan serta dalam penyusunan perencanaan pembangunan di Provinsi Banten, mulai dari pembangunan tahunan, lima tahunan, hingga jangka panjang.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten saat meninjau pelaksanaan Latihan Kader II (Intermediate Training) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang, di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Banten, Jalan AMD Lintas Timur, No.6, Kadumerak, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Rabu, 8 Mei 2024.

“Mahasiswa merupakan agen-agen inovasi. Dalam proses pembangunan, Pemprov Banten menyusun dokumen-dokumen perencanaan pembangunan, tahunan, lima tahunan dan jangka Panjang selama dua puluh tahun. Pemprov Banten mengajak mahasiswa untuk berperan serta dalam proses-proses perencanaan tersebut,” kata Al Muktabar dilansir situs remsi Pemprov Banten.

“Negara Indonesia berhadapan dengan tatanan global. Setiap negara berkompetisi untuk mendapatkan resources (sumber daya),” sambungnya.

Untuk itu, Al Muktabar mengajak mahasiswa untuk mulai berpikiran global dan turut memasuki tatanan global. Al Muktabar juga meminta mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi secara global.

“Memiliki kompetensi-kompetensi untuk bersaing dalam tatanan global,” ucap Al Muktabar.

Al Muktabar yakin, proses-proses latihan-latihan kader di HMI dalam rangka mencapai kompetensi global.

Estafet Kepemimpinan

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar menyempatkan diri menyalami dan berfoto dengan para peserta Latihan Kader II (Intermediate Training) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang.

“Untuk memajukan bangsa ini, transformasi kepemimpinan ke depan ada estafet yang dipersiapkan secara dini sehingga Indonesia terus maju,” imbaunya.

Pemerintah, lanjutnya, selalu mendukung proses-proses transformasi kepemimpinan yang pada masa yang akan datang memandu bangsa Indonesia.

“HMI dalam kesehariannya, banyak berkiprah dalam berbagai tatanan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Steering Committee (SC) Latihan Kader II (Intermediate Training) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang, Moh. Ilham mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan 01 Mei – 11 Mei 2024.

Peserta berjumlah 34 orang, yang berasal dari Lampung, Sukabumi Jawa Barat, Ciputat Tangerang Selatan, Kab/Kota Serang dan Pandeglang.

“tujuannya untuk mewujudukan terbinanya kader HMI yang mempunyai intelektual untuk memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi,” jelasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Campur Aduk Perasaan Awinah Saat Dapat Hadiah Umrah dari Moch. Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Usia Awinah sudah mulai memasuki senja....

Bakal Calon Bupati Tangerang 2024 Mad Romli Makin Gencar Turun ke Desa-desa Menyapa Warga

Berita Tangerang - Bakal calon bupati Tangerang dari Partai...

Pj Wali Kota Tegaskan Komitmennya Dukung Pengembangan Kompetensi Buruh di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...