Evaluasi Kualitas Udara di Kota Tangerang, DLH Gelar Uji Emisi Gratis 11-13 Juni 2024

Date:

Untuk mengevaluasi kualitas udara di Kota Tangerang, DLH Kota Tangerang menggelar uji emisi gratis 11-13 Juni 2024.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana/ Istimewa)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas lingkungan HIdup (DLH) akan melaksanakan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat, Selasa – Kamis, 11-13 Juni 2024.

Kepala DLH Kota Tangerang, Wawan Fauzi menjelaskan, uji emisi digelar sebagai upaya mengendalikan kualitas udara di Kota Tangerang. Melalui uji emisi dapat diketahui polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan itu memenuhi baku mutu atau tidak.

“Kegiatan ini demi¬† menjaga kualitas lingkungan serta udara di Kota Tangerang. Karena memang, uji emisi dilakukan untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan,” kata Wawan, Senin, 10 Juni 2024.

Wawan menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap orang yang menghasilkan emisi dari alat transportasi darat berbasis jalan yang telah memasuki masa pakai lebih dari tiga tahun, wajib memenuhi baku mutu emisi. Pemenuhan baku mutu emisi ini juga dijadikan sebagai dasar pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor.

Untuk mengikuti uji emisi gratis khusus kendaraan roda empat ini, lanjut Wawan, masyarakat hanya perlu membawa fotocopy STNK saja, dengan kuota 600 sampai 700 kendaraan per lokasinya. Berikut jadwal dan lokasi pelaksanaannya:

Selasa, 11Juni 2024

Waktu: 08.00 WIB s/d selesai

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman, Depan Komplek Imigrasi

Kuota: 700 kendaraan roda empat

Rabu, 12 Juni 2024

Waktu: 08.00 WIB s/d selesai

Lokasi: Jalan MH Thamrin, Apartemen Ayodhya

Kuota: 700 kendaraan roda empat

Kamis, 13 Juni 2024

Waktu: 08.00 WIB s/d selesai

Lokasi: Jalan STA 11/Metland Cyber City, Depan RS MandayaK

uota: 600 kendaraan roda empat

“Dalam hal ini, saya imbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini, untuk sama-sama menjaga lingkungan dan udara di Kota Tangerang terlebih Indonesia. Ayo sayangi udara kita, sayangi kendaraan kita,” ucap Wawan.

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related