Meriahnya Pembukaan MTQ XXI Kota Tangerang; Kolaborasi Budaya Lokal dan Islamis

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat membuka MTQ XXI. (Istimewa)

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang menggelar Musabaqol Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXI, Senin 23 Mei 2022. Acara dibuka langsung Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Pembukaan MTQ berlangsung meriah dengan menggabungkan budaya lokal ke-Islaman.

“Kita berusaha menghadirkan yang berbeda tahun ini, budaya lokal kita tampilkan. Hal itu bisa dilihat dari setiap penampilan kafilah dari 13 Kecamatan tadi di panggung utama,”kata Ketua LPTQ Kota Tangerang KH Zuhri Fauzi.

“Mulai dari penampilan lenong, silat, palang pintu hingga debus dan lainnya,”tambahnya.

Kata Zuhri pembukaan MTQ ke XXI ini dihadiri oleh ribuan santri dan ulama. Termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

“Ini menjadi aktualisasi syiar Islam dan menjalin silaturahmi antar umar beragama menuju Kota Tangerang yang religious rukun, sejahtera dan akhlakul kharimah,” tegasnya.

Menurut Zuhri, MTQ tahun ini diikuti 642 peserta dari 13 kecamatan. Semua peserta akan bersaing di tujuh mata lomba yang akan digelar selama tiga hari hingga Rabu 25 Mei 2022.

Untuk lomba lanjut Zuhri, Mulai dari lomba Tilawah mulai dari murotal anak, remaja, dewasa hingga qiraah sabaah mujawwad. Lomba tahfiz mulai dari 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz hingga 30 juz.

Kemudian, lomba kaligrafi kategori dekorasi dan hiasan mushaf, lomba qiraat kutub kategori ula, wushta dan ulya. Serta adanya lomba syahril qur’an dan fahmil qur’an.

“Semoga lomba-lomba ini menjadi stimulus bagi para majelis, pondok pesantren hingga sekolah-sekolah untuk menggelorakan nilai al qur’an yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga Kota Tangerang dapat lebih damai dengan ke-Islaman,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah berharap MTQ ke XXI yang digelar meriah ini bisa berjalan dengan lancar.

“Kebahagiaan dan kebanggaan bisa melihat defile 13 kecamatan dengan berbagai khazanah dan budaya masyarakat,”kata Arief.
 
“Mudah-mudahan semua berlangsung dengan baik dan bisa mensyiarkan kebaikan, nilai-nilai Islam yang rahmatan lilalamin,”sambungnya.
 
Arief menambahkan diselenggarakannya MTQ secara langsung di area Pusat Pemerintahan Kota Tangerang tahun ini, tak lepas dari peran vaksinasi yang dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya untuk membentengi diri dari penyebaran Covid-19. 
 
“MTQ bukan hanya sekedar perlombaan, namun saya berharap setiap peserta bisa membangun ukhuwah antar peserta,” harapnya yang hadir bersama dengan Wakil Wali Kota H. Sachrudin serta perwakilan Forkopimda Kota Tangerang. 

Gelaran MTQ XXI juga, menurut Arief, menjadi momentum penyelenggaraan event – event di Kota Tangerang yang dapat diikuti oleh masyarakat dalam jumlah banyak dan diselenggarakan di luar ruangan, serta dengan penerapan protokol kesehatan. 
 
“Ini juga merujuk pada kondisi pandemi Covid-19 yang semakin melandai,” pungkasnya. (advertorial)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...