Festival Al-Azhom ke-9 Sukes Bangkitkan Gairah UMKM di Kota Tangerang

Date:

Pedagang Dim Sum Aisyah, salah satu UMKM di Kota Tangerang yang ‘ketiban’ rejeki di Festival Al-Azhom. (Foto: tangerangkota.go.id)

Tangerang – Festival Al Azhom ke-9 sudah digelar sejak Jumat, 23 September 2022. Event tahunan yang selalu menyedot animo masyarakat luas itu dibuka langsung Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah.

Sesuai agenda, rencananya Festival AL Azhom akan digelar selama 13 hari hingga 5 Oktober 2022 mendatang.

Saat membuka acara, Arief berharap, adanya Festival Al-Azhom ke-9, ini selain dijadikan untuk memupuk tali persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Tangerang, tapi juga dapat dijadikan momentum sebagai kebangkitan Usaha Mikro Menengah dan Kecil atau UMKM di Kota Tangerang.

Pedagang Raup sampai Rp 8 Juta/ Hari

Harapan Arief tersebut ternyata terwujud. Antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap Fesival Al Azhom, membuat para pelaku UMKM di Kota Tangerang mendapatkan omzet yang cukup tinggi sepanjang empat hari pelaksanaan Festival Al-Azhom ke-9, mulai dari Jumat-Senin, 23-26 September 2022.

Bentuk UMKM yang dijajakan di Festival Al Azhom sendiri mulai dari kuliner, kerajinan tangan dan busana muslim.

Salah seorang pelaku UMKM asal Kecamatan Karawaci, Aisyah menjelaskan, dirinya sudah mengikuti Festival Al-Azhom sejak pelaksanaan yang ke-6 dengan menjual dagangannya berupa kuliner Dimsum.

Walaupun sudah dua tahun tidak dilaksanakan, ia pun mengungkapan antusias masyarakat sangat baik sehingga ia dapat menjual 1.500 pieces dimsum. Dengan total omzet selama tiga hari sebesar Rp 8 juta.

Menurutnya, meski sudah dua tahun Festival Al Azhom tak digelar, namun animo masyarakat tetap tinggi terbukti dari omzet yang didapatkannya.

“Walaupun baru empat hari, saya mendapatkan omzet sebesar Rp 5 juta pada hari Sabtu (25 September 2022). Menurut saya itu merupakan hal yang luar biasa, karena sebelumnya pada hari Pembukaan (23 September 2022), saya mendapatkan sebesar Rp 1,2 juta. Tapi dengan itu saya sangat bersyukur dan sangat terbantu dengan adanya Festival Al-Azhom 9,” jelas Aisyah seperti dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Agustina, pelaku UMKM yang menjual dagangannya berupa kerajinan tangan, seperti bros, hiasan dinding, dan sebagainya. Ia mengungkapkan dengan mengikuti Festival Al-Azhom omzetnya dapat melambung tinggi, dan dengan itu ia dapat meningkatkan kreativitasnya.

“Kalau jumlah yang terjual saya tidak menghitung, tapi untuk omzet yang dihasilkan bisa mencapai Rp 3 juta pada hari Sabtu kemarin. Saya banyak-banyak terimakasih kepada Festival Al-Azhom, semoga dengan itu dapat menjadikan para UMKM menjadi berkualitas, naik kelas dan bersemangat dalam menjual serta memprosikan UMKM-nya,” pungkasnya.(ADV) 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...