Dear Kaum Hawa, Coba Deh Cek Iva Penting Banget Buat Kesehatan dan Masa Depan Loh!

Date:

FOTO ILUSTRASI. Wanita menjalani tes IVA. Pemerintahan kecamatan Cibodas menggelar gebyar Cibodas Taiyo (Tes Iva Yok) Selasa, 7 Februari 2023. (Dok. Hallo Sehat)

Berita Kota Tangerang – Kaum hawa sebaiknya lebih berhati-hati terhadap penyebaran penyakit. Apalagi mereka yang berusia 30-50 tahun dan aktif seksual.

Bukan tanpa alasan, mereka disarankan untuk melakukan tes Iva. Tujuannya untuk mengantisipasi atau mendeteksi kanker rahim sejak dini.

Di Kota Tangerang, Kecamatan Cibodas menggelar gebyar Cibodas Taiyo (Tes Iva Yok) di GOR Kecamatan Cibodas, Selasa, 7 Februari 2023.

Kegiatan itu dilakukan untuk memperingati hari kanker sedunia dan sekaligus dalam rangkaian HUT Kota Tangerang ke 30 tahun.

Camat Cibodas, Buceu Gartina menjelaskan, antisipasi terjadinya kanker leher rahim harus terus di sosialisasikan salah satunya dengan talk show, yang target audiensnya adalah ibu-ibu RT/RW, juga kader-kader posyandu, dan PKK sehingga dapat menyentuh segala lini di masyarakat.

“Kami akan mengadakan kegiatan talk show juga bersama dengan dokter obgyn, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat betapa bahayanya kanker rahim ini jika tidak segera diperiksakan,”kata dia.

“Nanti, kami juga akan roadshow ke perusahaan yang ada di Kecamatan Cibodas agar para pegawainya juga memeriksakan iva tes ini di puskesmas,”tambahnya.

Sub Koordinator Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Selpi Pratiwi mengimbau kepada masyarakat khususnya bagi wanita yang berusia 30 hingga 50 tahun dan aktif secara seksual, untuk melakukan iva tes karena kanker rahim ini termasuk silent killer. Sehingga, harus dideteksi sedini mungkin untuk penanganan lebih cepat.

“Sebaiknya, memeriksa atau melakukan tes iva ini satu tahun sekali karena kanker rahim ini termasuk penyakit yang diam-diam mematikan. Jika terlambat untuk dideteksi, dia bisa jadi sudah masuk ke stadium yang tinggi,”kata Selpi.

“Gejalanya adalah pendarahan setelah hubungan seksual, cairan seperti nanah di luar waktu haid dan harus diwaspadai. Maka dari itu, mari manfaatkan program ini karena gratis sebagai bentuk deteksi dini dan antisipasi,”sambungnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...