Ada Orang Telantar atau Butuh Pengasuhan di Kota Tangerang? Tim Reaksi Cepat Siap Membantu sampai Tuntas

Date:

Jika ada orang telantar atau orang yang butuh pengasuhan di Kota Tangerang, segera hubungi Tim Reaksi Cepat atau TRC Dinas Sosial Kota Tangerang. TRC siap membantu sampai tuntas. FOTO ILUSTRASI : TRC Dinas Sosial Kota Tangerang saat hendak mengevakuasi orng terlantar di Kota Tangerang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Jika Anda menemukan orang telantar atau orang yang membutuhkan pengasuhan di Kota Tangerang, segera hubungi nomor 021-5517339 atau melalui WhatsApp 08956-0872-2422. Anda juga dapat melalui Tangerang Siaga 112.

Laporan Anda melalui saluran-saluran tersebut di atas, dipastikan akan segera direspons Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang.

Bekerja 24 Jam

Tak perlu ragu. Sejauh ini, sejumlah masalah sosial di Kota Tangerang seperti orang telantar dan orang yang membutuhkan pengasuhan, telah diatasi dengan baik oleh TRC Dinsos Kota Tangerang.

Sesuai dengan visinya, TRC memang dibentuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinsos untuk menangani berbagai masalah sosial yang terjadi di Kota Tangerang. Mereka dengan sigap terjun langsung ke lapangan untuk membantu orang-orang terlantar.

TRC yang dibentuk sejak 2020 ini, telah memiliki 12 anggota yang bertugas selama 24 jam.

Kepala Dinsos Kota Tangerang, Mulyani, menerangkan adanya TRC ini bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak, disabilitas, dan lanjut usia yang terlantar.

Pelayanan Psikologis dan Fisik

Selain itu, keberadaan TRC juga dalam rangka memberikan sarana dan prasarana pelayanan psikologis dan fisik, dengan memberikan motivasi kepada penghuni untuk membantu dalam memecahkan atau mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapinya.

“Secara prosedur, TRC akan menerima laporan dari masyarakat terkait dengan adanya Orang Terlantar atau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Dan untuk menindaklanjuti laporan tersebut, TRC akan berkoordinasi dengan pihak terkait. Setelah itu mereka akan datang langsung ke lokasi dari laporan tersebut,” terang Mulyani melalui situs resmi Pemkot Tangerang.

Menurut Mulyani, setelah TRC beserta tenaga kesehatan mengevakuasi Orang Terlantar/PPKS tersebut, mereka juga memastikan kondisi dari orang yang ditemukan. Jika dalam kondisi sakit dirujuk ke RSUD, namun apabila dalam kondisi sehat, maka akan dibawa ke Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Tangerang. Selanjutnya akan dirawat di rumah singgah hingga diputuskan akan tinggal dimana.

“Jadi nanti setelah dibawa ke Rumah Singgah, kami dari Dinas Sosial akan mencari keberadaan keluarganya untuk dilakukan mediasi. Jika masih ada keluarga, maka TRC akan mengantarkan mereka ke tempat tinggal keluarganya. Namun bila kasusnya tidak ditemukan keberadaan anggota keluarga atau keluarganya sudah tidak bisa merawatnya, maka akan dibawa ke panti jompo atau panti asuhan binaan lainnya,” ujar Mulyani.

Sementara itu, apabila orang terlantar tersebut dalam kondisi gangguan jiwa, TRC akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk merawatnya di Rumah Singgah, atau membawanya ke rumah sakit jiwa. Setelah permasalahan tersebut selesai ditangani, maka TRC akan segera melaporkan ke Dinas Sosial bahwa laporan masyarakat terkait adanya orang terlantar telah ditindaklanjuti.

“Untuk itu, jika warga menemukan kasus orang terlantar di Kota Tangerang untuk tidak ragu membuat laporan. Salah satunya melalui nomor 021-5517339 atau whatsapp 08956-0872-2422, atau juga dapat melalui Tangerang Siaga 112. Secara otomatis dan sigap TRC akan mendatangi lokasi laporan,” pungkas Mulyani.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...