Keren! Kelurahan Cisauk Masuk Nominasi Lima Terbaik Lomba Desa dan Kelurahan se-Jawa Bali 2023

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mendampingi Pj Gubernur, Banten Al Muktabar saat menerima Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Regional II di Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk,, Kabupaten Tangerang, Jumat, 28 Juli 2023. Kelurahan Cisauk masuk nominasi lima terbaik Lomba Desa dan Kelurahan se-Jawa Bali 2023.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Pencapaian membanggakan ditorehkan Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang setelah masuk nominasi lima terbaik pada lomba desa dan kelurahan tingkat regional II (Jawa dan Bali) tahun 2023.

Untuk melengkapi tahapan penilaian, Tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan klarifikasi lapangan di Kelurahan Cisauk, Jumat, 28 Juli 2023.

Sisihkan Ribuan Peserta

Kepala Subdir Kemendagri, Nana Wahyudi menyebutkan, Kelurahan Cisauk menjadi salah satu yang terbaik dari total 2.879 desa dan kelurahan yang mengikuti lomba.

“Kelurahan Cisauk berhasil menjadi salah satu yang terbaik diantara 2.879 Kelurahan yang ada di wilayah Regional II. Semua ini berkat kerja keras Pemerintah Kelurahan, Pemerintah Kecamatan Pemerintah Provinsi, masyarakat serta pihak lainnya,” kata Nana Wahyudi melalui laman resmi Pemkab Tangerang.

Diketahui Kemendagri mengadakan Lomba Desa dan Kelurahan sebagai salah satu bentuk evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Lomba ini menitikberatkan poin inovasi pada tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pemanfataan potensi dan sumber daya yang dimiliki, pelayanan publik, dukungan dalam pemulihan ekonomi, dan penanganan dinamika sosial menyambut perhelatan Pemilu serentak 2024.

“Penilaian Lomba dilaksanakan melalui tahapan penilaian administrasi, klarifikasi lapangan pemaparan calon juara lomba dan tahapan penetapan juara,” jelas Nana.

Menurut dia, klarifikasi di Kelurahan Cisauk merupakan tahapan untuk menilai kesesuaian data dan informasi berdasarkan dokumen hasil penilaian administrasi, dan hasil pemaparan dengan kondisi riil di lapangan.

“Semoga pelaksanaan klarifikasi ini bisa berjalan lancar, para pihak yang terkait dapat memberikan informasi sejelas- jelasnya terkait apa yang ditanyakan oleh tim,” ungkapnya.

Role Model

Hadir mendampingi proses klarifikasi Kemendagri, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan Pj Gubernur Banten, Al Muktabar.

“Tentu saja kita berharap Kelurahan Cisauk ini bisa melaju ke tahap selanjutnya yaitu menuju ke tahap tiga besar. Mudah-mudahan Kelurahan Cisauk ini bisa menjadi role model untuk seluruh kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang dan Banten,” ungkap Zaki saat mendampingi Pj Gubernur Banten, Al Muktabar menerima Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Regional II di Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk.

Zaki mengungkapkan, kunjungan Tim Klarifikasi tersebut dalam rangka memberikan penilaian dan klarifikasi pada Kelurahan Cisauk.

“Alhamdulillah, Kelurahan Cisauk sudah masuk lima besar tingkat nasional regional II. Kami juga mohon masukan saran, pendapat dan kritiknya terkait dengan kesiapan dari Kelurahan Cisauk ini dalam rangka mengikuti lomba Kelurahan tingkat nasional Regional 2,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Zaki mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan tim verifikasi dan berharap kunjungan tim verifikasi akan membawa dampak yang berarti bagi kemajuan Kelurahan Cisauk, khususnya bagi perbaikan dan peningkatan pelayanan masyarakat dari Kelurahan Cisauk.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, apa yang diraih Kelurahan Cisauk sangat membanggakan karena telah mewakili Provinsi Banten dalam lomba kelurahan tingkat nasional regional II.

“Kita berharap ini bisa menjadi inspirasi bukan saja di Kabupaten Tangerang tetapi juga kelurahan di Provinsi Banten bahkan nasional. Segala ikhtiar ini kita lakukan untuk semakin mempercepat pelayanan dan kesejahteraan terhadap masyarakat,” kata Al Muktabar.

Menurutnya, masih ada dua tahapan lagi yang harus dilalui Kelurahan Cisauk. Untuk itu, dia meminta semua elemen doa bersama dan bekerja sama supaya Kelurahan Cisauk bisa masuk tiga besar.

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...