Titik-titik Genangan Air di Kota Tangerang dan Potret Sigapnya Petugas saat Hujan Deras Kamis 4 Januari 2024

Date:

Sejumlah wilayah di Kota Tangerang mulai tergenang air saat hujan deras, Kamis, 4 Januari 2024. Titik yang tergenang di antaranya, Jalan Darmawangsa, Kota Tangerang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Sejumlah wilayah di Kota Tangerang dilaporkan tergenang air menyusul hujan deras yang melanda Kawasan Kota Tangerande sejak Kami sore hingga malam, 4 Januari 2024.

Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Tangerang menyebutkan, wilayah yang tergenang air di antaranya Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Jatiuwung dan Jalan Dharmawangsa, Kecamatan Cibodas.

Petugas BPBD Kota Tangerang pun langsung bergerak cepat melakukan sederet penanganan di lapangan.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengungkapkan sampai Kamis malam, pukul 21.05 WIB Kota Tangerang masih diguyur hujan. Pendataan terhadap titik genangan maupun banjir masih dilakukan oleh seluruh petugas di lapangan.

“Beberapa lokasi yang sudah terdata ialah Jalan Gatot Subroto Fly Over Cibodas dengan ketinggian 20 hingga 30 cm, yang disebabkan luapan kalo sabi. Namun, tiga jalur jembatan baru di lokasi tersebut terpantau aman untuk dilalui pejalan kaki atau pengendara,” ungkap Maryono dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkot Tangerang.

Titik genangan air lainnya ialah Jalan Darmawangsa, Uwung Jaya, Cibodas dengan ketinggian 20 cm dan Perumahan Lake View dengan ketinggian 35 cm.

“Terpantau, genangan atau banjir terjadi, selain intensitas waktu hujan, juga dikarenakan luapan drainase pada sisi jalan,” katanya.

Sebuah pohon setinggi 8 meter di kawasan Periuk, Kota Tangerang, tumbang akibat angin kencang dan hujan deras, Kamis, 4 Januari 2024. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Menurut Maryono, akibat hujan dan angin kencang hari ini, pada pukul 15.05 WIB juga terjadi pohon tumbang setinggi 8 meter. BPBD Kota Tangerang melalui UPT Periuk pun langsung melakukan penanganan dan eksekusi pohon tumbang rampung pada pukul 16.17 WIB.

“Dalam kejadian pohon tumbang, tidak ada korban jiwa. Namun, adanya kerugian satu unit motor hancur pada bagian depan. Dalam hal ini dapat diurus proses asuransinya dan masyarakat umum diimbau untuk berhati-hati dan fokus dalam berkendara, disaat hujan lebat melanda,” tutur Maryono.

BPBD Kota Tangerang, lanjut Maryono, masih terus melakukan penanganan. Mulai dari koordinasi dengan aparat kecamatan setempat dan OPD terkait serta relawan. Terus memonitoring perkembangan cuaca dan kemungkinan lainnya dan langkah bantuan penyedotan di lokasi yang dibutuhkan.

“Petugas masih melakukan sederet penanganan yang dibutuhkan di lapangan. Dan akan terus sigap melakukan penanganan maupun pasca kejadian, hingga dinyatakan aman untuk masyarakat,” pungkasnya.

Bagi masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan bantuan terkait bencana banjir atau lainnya, BPBD Kota Tangerang memiliki emergency call di 112 dan nomor piket 24 jam di 021-5582144.

Petugas BPBD Kota Tangerang bergerak cepat melakukan sejumlah penanganan saat hujan deras mulai menggenangi sejumlah wilayah di Kota Tangerang. Salah satu penanganan yang dilakukan BPBD Kota Tangerang adalah mengoperasikan mesin pemnyedot air. (FOTO: tangerangkota.go.id).

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...