Libur Tahun Baru 2024, Volume Sampah di Kabupaten Tangerang Tembus 1.600 Ton Per Hari

Date:

Volume sampah di Kabupaten Tangerang selama libur Tahun Baru 2024 tembus 1.600 ton per hari. FOTO ILUSTRASI: Petugas Kebersihan Kabupaten Pandeglang mengangkut sampah di Pasar Labuan beberapa waktu lalu. (Dok.BantenHits.com)

Berita Tangerang – Volume sampah di Kabupaten Tangerang selama Libur Tahun Baru 2024 mengalami lonjakan signifikan. Kecamatan Kelapa Dua menjadi kecamatan ‘penyumbang’ sampah terbesar.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan atau DLHK Kabupaten Tangerang mencatat, volume sampah antara 31 Desember 2023 dan 1 Januari 2024 naik 30 persen atau sebanyak 1.600 ton per hari.

Menyusul peningkatan volume sampan tersebut, DLHK Kabupaten Tangerang memaksimalkan armada pengangkutan sampah usai perayaan Tahun Baru 2024 tersebut.

”Sampah masa tahun baru antara tanggal 31 Desember 2023 – 1Januari 2024 itu naik 30 persen. Dibandingkan dengan hari normal hanya mengangkut 1.100 sampe 1.200 ton,” kata Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi, Rabu, 3 Januari 2024 dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Menurut dia, dari total ribuan ton volume sampah itu didominasi jenis sampah organik domestik/rumah tangga dan pasar yang ada di Kabupaten Tangerang. Selain itu, volume sampah restoran lebih dominan ketimbang hotel. 

Pada momen tahun baru, produksi sampah dari restoran dan warga pun mengalami peningkatan dari hari biasanya. Penyumbang sampah terbanyak secara rata-rata berasal dari wilayah Kecamatan Kelapa Dua dan Pasar Kemis. 

“Terbanyak dari Kelapa Dua, kedua dari Pasar Kemis, kalau dari tempat pusat perbelanjaan seperti Citra Raya memang itu sudah ada tempat pembuangan sampah sendiri yang dikelola mereka,” ungkapnya.

Menurut Fachrul Rozi, jika sampah yang dihasilkan dari sekitar 3,3 juta jiwa lebih penduduk Kabupaten Tangerang usai libur Tahun Baru itu dinilai mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan hari biasanya. 

Meski demikian, sistem pengangkutan sampah di wilayahnya itu tetap masih berjalan normal dengan memaksimalkan armada atau truk yang beroperasi penuh tiap harinya.

“Kita tetap operasikan petugas setiap harinya, dengan memaksimalkan jumlah armada yang ada,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...