Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Date:

FOTO ILUSTRASI: Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin saat di ruang Tangerang Live Room, Selasa, 16 April 2024. Nurdin menyebut, konsep smart city di Kota Tangerang sudah teruji memberikan pelayanan cepat dan mudah. Meski demikian Nurdin ingin smart city dikembangkan menjadi e-commerce untuk UMKM. (Dok. tangerangkota.go.id)

Berita Banten – Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi. Mereka terbukti jago dalam membuat inovasi pelayanan publik.

Hal tersebut dibuktikan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dengan tema Inovasi Pelayanan Publik Banten menuju Pembangunan Berkelanjutan yang digelar 18 September 2023 hingga 29 Desember 2023. Pada kompetisi itu telah ditetapkan sembilan pemenang.

Penghargaan untuk sembilan pemenang KIPP diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat memperingati Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII Tahun 2024 di Lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin, 29 April 2024.

Pada kesempatan itu Al Muktabar berpesan, seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di Provinsi Banten mengupayakan untuk melakukan percepatan-percepatan inovasi dalam rangka pelayanan publik.

“Pelayanan publik merupakan bagian dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi,” kata Al Muktabar dilansir laman resmi Pemprov Banten.

Berikut pemenang kompetisi pada TOP 3 inovasi pelayanan publik:

1. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dengan Inovasi Super APP Tangerang LIVE.

2. Dinas Kesehatan Kota Cilegon dengan inovasi Penembak Jitu SIP atau Pemberdayaan Masyarakat melalui pembinaan terapi aktivitas kelompok jiwa terpadu.

3. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten dengan Inovasi Banten Pusaka (Banten Satu Pusaka).

Sedangkan kategori Perangkat Daerah terinovatif yaitu:

1. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten dengan mengikutsertakan 5 inovasi pelayanan publik.

2. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang mengikutsertakan 9 inovasi pelayanan publik.

3. Untuk kategori replika inovasi diberikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang dengan inovasi Aje Kendor
Sekolah Hasil Replikasi Gerakan Inovasi Kudu Sekolah Kabupaten Pekalongan.

4. Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang dengan inovasi Gerakan Sararea Lolos Sakola yang merupakan hasil replikasi Gerakan Inovasi Kudu Sekolah Kabupaten Pekalongan.

5. Dinas Kesehatan Kota Cilegon dengan inovasi Salak Merci (Pusat Layanan Kesehatan Kerja di Pemerintah Kota Cilegon).
Kategori tersebut merupakan hasil inovasi Cageur Jasa Kota Tangerang.

6. RSUD Malingping dengan inovasi Beta Rakit Anting yang merupakan hasil replikasi dari Kader Jamila Kabupaten Lebak.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related