Pusat Kawasan Agropolitan Sukses di Tangan Bang Zaki Jadi Motivasi Kota Tangerang Wujudkan Kota Penyuplai Cabai

Date:

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin saat meninjau sekaligus bersilaturahmi dengan para anggota pengelola KWT Gemas Implan (Gemar Menanam Sayuran, Inovasi Menanam Padi dan Budi Daya Ikan) di Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Sabtu, 6 Januari 2024.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin ingin Kota Tangerang seperti Kabupaten Tangerang yang mampu menjadi salah satu wilayah penyuplai cabai di Indonesia.

Karenanya, Nurdin menargetkan Kota Tangerang menjadi salah satu penyuplai cabai di Indonesia. Hal itu disampaikan Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin, saat rapat bersama Dinas Ketahanan Pangan di Ruang Wali Kota, Jumat, 5 Januari 2024.

“Saya ingin Kota Tangerang menjadi salah satu daerah yang mampu memenuhi kebutuhan cabai, kita jangan kalah sama Kabupaten Tangerang,” ujar Nurdin dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkot Tangerang.

Seperti diketahui, semasa Ahmed Zaki Iskandar menjabat Bupati Tangerang 2018-2023, pria yang biasa disapa Bang Zaki berhasil mendongkrak produktivitas pertanian di antaranya cabai dengan membangun pusat kawasan agropolitan atau Puskagro di Sepatan.

Kembali ke Kota Tangerang, pada bersama Dinas Ketahanan Pangan, Nurdin menyebut, Kota Tangerang memiliki potensi untuk menjadi penghasil cabai. Hal ini didukung oleh luas lahan pertanian yang cukup luas, yaitu mencapai 180,72 hektar.

“Kita akan bekerja sama dengan para petani untuk meningkatkan produksi cabai di Kota Tangerang,” ujar Nurdin.

Nurdin berharap, target menjadikan Kota Tangerang sebagai penghasil cabai dapat tercapai. Dengan demikian, kebutuhan cabai nasional dapat terpenuhi dan harga cabai dapat lebih stabil.

“Tahun 2024, kalau bisa penyuplaian cabai semakin meningkat,” pungkasnya.

Selain itu, pada rapat tersebut juga, Nurdin membahas terkait budidaya ikan yang tengah dilakukan oleh Pemkot Tangerang.

Dipuji Kementerian Pertanian

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi bersama Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menunjukkan produk pertanian yang dihasilkan di Pusat Kawasan Agropolitan atau Puskagro Kabupaten Tangerang yang berada di Kecamatan Sepatan, Kamis, 8 Juni 2023. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Sekilas tentang inovasi pusat kawasan agropolitan yang susses dikembangkan Bang Zaki di Kabupaten Tangerang, inovasi tersebut diapresiasi Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Saat kunjungan Kamis, 8 Juni 2023, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI Harvick Hasnul Qolbi berharap Kabupaten Tangerang bisa menjadi pilot project bagi daerah-daerah lainnya.

“Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dipimpin oleh Bupati Zaki ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi,” kata Harvick kala itu.

“Dari sekian banyak kunjungan ke kabupaten kota yang saya singgahi, Kabupaten Tangerang ini bisa dijadikan pilot project. Lagi-lagi ini sangat sesuai dengan arahan dari bapak Presiden kepada seluruh masyarakat Indonesia dan kepala daerah untuk terus berinovasi agar melakukan kegiatan yang membangun sektor agro pertanian dan peternakan, perkebunan” ungkapnya. 

Harvick Hasnul Qolbi terkesan dengan sistem Puskagro di mana petani bisa datang secara langsung menimbang hasil panen dan menjual dengan harga kompetitif.

“Petani bisa dateng datang langsung ke sini, menimbang hasil panennya dan pulang sudah bisa langsung membawa uang. Di sini disediakan langsung pembelinya, jadi luar biasa sekali apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang,” tandasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...