Ekonomi dan Dunia Pariwisata di Kota Tangerang Siap-siap Makin Melejit dengan Hadirnya Tampilan Baru Jembatan Cisadane

Date:

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR, Basuki Hadimuljono saat melihat langsung Jembatan Cisadane yang akan diresmikan Presiden Jokowi. (Foto: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Jembatan Cisadane yang dikenal warga Jembatan Robinson, merupakan jembatan ikonik bagi warga Tangerang. Jembatan ini merupakan penghubung wilayah Kota Tangerang dengan Kabupaten Tangerang dan DKI Jakarta.

Sejak pertengahan 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR telah melakukan revitalisasi terhadap jembatan tersebut. Kini proses revitalisasi telah rampung seluruhnya.

Rencananya, jembatan ini bersama jembatan lainnya di Kecamatan Batu Ceper, akan diresmikan langsung langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Jelang peresmian, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, menerima kunjungan dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Ahad, 7 Januari 2024.

Lewat kunjungan itu, Basuki ingin melihat langsung kondisi jembatan Cisadane A dan B yang dibangun masing – masing sepanjang 110 meter.

Pengembangan Ekonomi

Foto udara suasana Festival Cisadane 2023 yang digelar di sekitar Jembatan Cisadane.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Jembatan Cisadane yang baru diklaim memiliki kualitas lebih baik dibanding dengan desain jembatan sebelumnya. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas dalam mendukung pengembangan ekonomi di Kawasan Provinsi Banten.

“Dengan selesainya pembangunan Jembatan Cisadane, semakin memudahkan mobilitas masyarakat dan memberikan rasa aman untuk melintas,” kata Nurdin saat mendampingi Basuki, dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkot Tangerang.

Dengan tampilan baru yang tanpa tiang penopang, Jembatan Cisadane A dan B juga memiliki keunikan, dimana pengendara kendaraan bermotor maupun pejalan kaki dapat langsung melihat Sungai Cisadane yang menjadi sumber air baku dan sarana rekreasi bagi warga Kota Tangerang.

“Festival CIsadane dan berbagai perlombaan  juga digelar di Sungai Cisadane setiap tahun pak, jadi sekarang bisa semakin jelas melihatnya,” ucap Nurdin kepada Basuki.

Rencananya, selain Jembatan Cisadane A dan B, rencananya Jokowi juga akan meresmikan jembatan Batuceper sepanjang 45 meter yang merupakan penghubung  jalan nasional. Jokowi juga akan meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...