Empat Alasan Kenapa Mayoritas Publik Menginginkan Pilpres 2024 Hanya Satu Putaran

Date:

Ilustrasi Pemilu 2024: Sinpo.id/Radar Mukomuko.

Berita Pilpres – Mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan pelaksanaan Pilpres 2024 cukup satu Putaran. Hal tersebut terpotret dalam hasil survei terbaru lembaga survei Populi Center yang dipublikasikan Rabu, 7 Februari 2024.

Hasil survei Populi Center menyebutkan, warga yang menginginkan Pilpres 2024 satu putaran mencapai 79,9 persen. Sementara yang menjawab dua putaran hanya 16,6 persen. Sisanya tidak mempermasalahkan jumlah putaran sebanyak 2,3 persen, serta tidak menjawab sebanyak 1,2 persen.

“Data menunjukkan terdapat tren kenaikan jumlah masyarakat yang menginginkan pemilihan presiden berlangsung 1 (satu) putaran,” tulis keterangan di laman resmi populicenter.org, dikutip BantenHits.com, Rabu, 7 Februari 2024.

“Pada survei kali ini, saat ditanya berapa putaran Pilpres yang disukai, sebesar 79,9 persen menjawab 1 putaran, sementara yang menjawab 2 putaran sebesar 16,6 persen, dan sisanya tidak mempermasalahkan jumlah putaran (2,3 persen), serta tidak menjawab (1,2 persen),” lanjutnya.

Dalam keterangan tertulis hasil survei bertajuk “Survei Nasional: Road to 2024 Elections: Peluang Pemilu Satu Putaran” disebutkan setidaknya ada empat alasan kenapa mayoritas warga menginginkan Pilpres 2024 satu putaran.

Empat alasan yang dikemukan di antaranya; pelaksanaan pilpres satu putaran lebih cepat ada kepastian terkait siapa yang menjadi presiden selanjutnya, kemudian menghemat biaya, pemerintahan dan layanan publik kembali normal, serta mengurangi ketegangan di masyarakat.

“Adapun alasan lebih menyukai pilpres 1 putaran ialah karena lebih cepat ada kepastian terkait siapa yang menjadi presiden selanjutnya (41,2 persen), kemudian agar menghemat biaya (29,2 persen), agar pemerintahan dan layanan publik kembali normal (13,6 persen), mengurangi ketegangan di masyarakat (12,1 persen). Sisanya menjawab karena alasan lainnya, dan tidak menjawab,” demikian tertulis dalam keterangan resmi Populi Center.

“Mayoritas masyarakat (70,3 persen) juga menjawab yakin bahwa pilpres akan selesai dalam 1 putaran, sementara sebesar 25,3 persen lainnya menjawab tidak yakin, dan 4,4 persen tidak menjawab,” sambungnya.

Elektabilitas Prabowo-Gibran 52,5 Persen

Bacapres Prabowo Subianto dan Bacawapres Gibran Rakabuming Raka bersama bersama para pendukungnya saat tiba di Gedung KPU,Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ Suara.com)

Survei terbaru Populi Center tersebut juga menyebutkan, pada simulasi tiga pasangan capres-cawapres, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh keterpilihan terbanyak, yaitu sebesar 52,5 persen.

Posisi kedua ditempati pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapatkan dukungan sebesar 22,1 persen, serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 16,9 persen.

Sebanyak 79,8 persen warga mengaku telah mantap dengan pilihannya tersebut. Adapun yang menjawab masih mungkin berubah sebesar 19,4 persen.

Survei Nasional digelar Populi Center 27 Januari – 3 Februari 2024 dengan sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, termasuk empat Daerah Otonomi Baru (DOB) di wilayah Papua.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dilakukan dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center kepada 1.500 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of Error (MoE) diperkirakan ± 2,53 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...