Al Muktabar: Antrean Haji Jadi Singkat karena Kuota Haji Indonesia Bertambah

Date:

Plh Gubernur Banten Al Muktabar saat melepas jemaah haji Provinsi Banten di Kabupaten Tangerang, Senin, 13 Mei 2024. (FOTO: Dok.Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Pemprov Banten)

Berita Banten – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin telah melakukan kerja sama bilateral antar Indonesia dan Arab Saudi sehingga kuota haji Indonesia pada 2024 ini bertambah.

Penambahan kuota haji yang diperoleh Indonesia, praktis manfaatnya dapat dirasakan di daerah, salah satunya dengan menurunnya antrian calon jamaah haji.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Banten, Al Muktabar saat melepas keberangkatan calon jemaah haji Provinsi Banten Kloter 7 JKG Kabupaten Tangerang Tahun 1445 H/2024 di Aula Masjid Agung Al Amjad, Jalan H. Soemawinata, No 3, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin, 13 Mei 2024.

Menurut Al Muktabar, setiap tahunnya Indonesia mendapatkan penambahan kuota haji. Pemerintah Provinsi Banten bersama Kementerian Agama dan instansi penyelenggara Ibadah Haji terus berupaya memberikan layanan-layanan dan fasilitas terbaik bagi jemaah haji dan calon jemaah haji, baik di Tanah Air Indonesia maupun di Arab Saudi.

“Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah selalu mengikhtiarkan sepenuh hati mulai dari merencanakan pemberangkatan hingga ke pemulangan jamaah haji. Layanan-layanan dan fasilitas dipersiapkan dengan baik,” kata Al Muktabar dilansir laman resmi Pwmprov Banten.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, Nanang Fatchurohman mengatakan, calon jemah haji Provinsi Banten yang berangkat tahun 2024 ini mendapatkan penambahan kuota haji dari daerah Lain yang belum menyerap penuh kuota haji yang diberikan Pemerintah Pusat ke masing-masing Provinsi.

“Sebelumnya kuota jamaah haji Provinsi Banten sebanyak 9.903 jamaah haji. Banten mendapat limpahan dari Provinsi DKI Jakarta dan Lampung sehingga total jamaah haji dari Provinsi Banten yang berangkat tahun ini menjadi 10.316 jamaah yang dibagi menjadi 27 Kelompok Terbang (Keloter),” ungkap Nanang.

Dikatakan, dilihat dari kenaikan yang signifikan calon jamaah haji di Provinsi Banten yang masuk kedalam daftar tunggu (waiting list) keberangkatannya setiap tahun, hal itu mengindikasikan bahwa kesadaran masyarakat Banten untuk menunaikan ibadah haji semakin meningkat.

Peningkatan itu terus diimbangi terhadap pelayanan bagi jamaah dan calon jamaah sehingga pemerintah pusat, daerah dan instansi/lembaga penyelenggara haji terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para jamaah dalam menjalankan ibadah haji.

“Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah, baik pemondokan, catering, pelayanan kesehatan, transportasi, dan lain-lain, dari tahun ke tahun selalu ditingkatkan,” ungkap Nanang.

“Kemenag RI dalam menyelenggarakan haji mendapatkan respon positif dengan indeks kepuasan jamaah haji tahun 2023 sebesar 90 persen atau mendapatkan predikat sangat memuaskan. Ini tentunya berkat kerja sama dan dukungan semua Instansi penyelenggara Haji baik pusat maupun daerah,” tambahnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mendagri Ungkap Peran Jokowi pada Penunjukkan Al Muktabar Jadi Pj Banten yang Ketiga Kali

Berita Jakarta - Al Muktabar telah dilantik kembali menjadi...

Untuk Pemda yang Masih Pelit sama Informasi, Simak Nih Penjelasan Plh Kapuspen Kemendagri!

Berita Jakarta - Pemerintah Daerah atau Pemda diminta agar...